Cara mengatasi masalah keyboard laptop yang tidak bisa digunakan untuk mengetik

Advertisement

Cara mengatasi keyboard laptop tidak bisa mengetik

 

Periksa pengaturan

foto: freepik

Ada kemungkinan, tata letak atau pengaturan keyboard berubah dan membingungkan sistem. Begini cara memeriksanya.

1. Di Windows 10, klik ikon papan ketik di sudut kanan bawah layar, lalu pilih tata letak papan ketik alternatif dari daftar.

2. Jika ikon tidak muncul di bilah tugas, buka Pengaturan dan pilih Personalisasi. Pilih Bilah Tugas, pilih Aktifkan atau nonaktifkan ikon sistem, lalu aktifkan indikator input.

3. Jika kamu perlu menambahkan tata letak papan ketik, buka Pengaturan dan pilih Waktu dan Bahasa, lalu pilih Bahasa dan gulir ke bawah ke Bahasa pilihan.

4. Pilih Opsi, pilih Tambahkan papan ketik, lalu pilih tata letak papan ketik yang ingin kamu tambahkan.

5. Untuk menambahkan tata letak papan ketik baru di Windows 11, klik Mulai dan pilih Pengaturan, lalu pilih Waktu dan Bahasa.

6. Pilih Bahasa dan Wilayah, lalu klik ikon Plus (+) untuk menambahkan tata letak baru.

7. Di Mac, klik ikon Apple di sudut kanan atas dan pilih Pengaturan Sistem (atau Preferensi Sistem di macOS 12 dan versi lebih lama), lalu gulir ke bawah ke bagian bawah kolom sebelah kiri dan pilih Papan Ketik.

8. Coba sesuaikan pengaturan seperti tingkat pengulangan kunci atau Tunda hingga pengulangan untuk melihat apakah itu membuat perbedaan.

Sebagian besar laptop modern juga mendukung keyboard eksternal, jadi jika mengubah pengaturan kamu tidak membantu dan kamu memiliki keyboard cadangan, coba colokkan atau sambungkan melalui Bluetooth jika nirkabel dan gunakan itu sebagai solusi sementara.

Bersihkan

foto: freepik

Kecuali kegagalan perangkat keras langsung yang memerlukan penggantian atau perbaikan resmi, masalah keyboard mungkin disebabkan terlalu banyak kotoran yang menumpuk. Dalam hal ini, membersihkan keyboard bisa menjadi solusi.

1. Matikan laptop dan pastikan tidak dicolokkan.

2. Dengan menggunakan kuas kecil yang lembut seperti kuas cat atau kuas rias yang tidak digunakan, sapukan perlahan di sepanjang tuts dan ruang di antaranya untuk menghilangkan debu dan kotoran lainnya. Pastikan untuk mengocoknya saat kotoran menumpuk, sehingga kamu tidak mendorong lebih banyak kotoran kembali ke keyboard. Jangan takut untuk memasukkan bulu sikat ke dalam dan di bawah keyboard.

3. Gunakan kain bersih, sebaiknya mikrofiber, untuk menyeka di sepanjang permukaan keyboard untuk menghilangkan sisa kotoran. Kamu juga dapat menambahkan sedikit Alkohol Isopropil 70 persen ke kain untuk mendisinfeksi keyboard atau mengatasi noda yang membandel.

Dimungkinkan juga untuk melepas penutup tombol keyboard laptop satu per satu dengan hati-hati menggunakan obeng pipih keciluntuk membersihkan di belakang penutup tombol dan bagian dalam keyboard. Namun berhati-hatilah saat mencoba metode ini, karena tidak semua keyboard dirancang dengan cara ini, yang dapat menyebabkan kerusakan permanen jika kamu mencoba dan memaksanya.

Advertisement


(brl/red)