Cara mengatur kunci sandi di akun WhatsApp, bisa mencegah serangan phishing dan pencurian identitas

Advertisement

Cara mengatur passkey WhatsApp

Cara mengatur kunci sandi masuk untuk WhatsApp

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Pastikan untuk memperbarui WhatsApp untuk Android ke versi terbaru sebelum mengatur kunci sandi. Jika opsi tersebut tidak ada, kemungkinan fitur tersebut belum diluncurkan ke akun kamu. Caranya juga mudah.

1. Buka WhatsApp di ponsel Android kamu.

2. Ketuk foto profil kamu di sudut kanan atas.

3. Buka Akun > Kunci Sandi.

4. Pilih Buat kunci sandi.

5. Sentuh Lanjutkan di kotak dialog yang muncul.

6. Sebuah kotak dialog akan muncul, meminta kamu untuk menyimpan kata sandi untuk akun WhatsApp ke Pengelola Kata Sandi Google. Jika kamu menggunakan pengelola kata sandi lain, pilih Simpan dengan cara lain, diikuti dengan Pengelola kata sandi lainnya.

7. Jika kamu belum menyiapkan pengelola kata sandi Google untuk Passkey, kamu harus melakukannya selama proses ini. Ketuk opsi Gunakan kunci layar di kotak dialog yang muncul.

8. Sebagai autentikasi terakhir, kamu harus mengonfirmasi identitas menggunakan wajah, sidik jari, atau membuka kunci PIN ponsel.

Setelah WhatsApp sepenuhnya meluncurkan dukungan passkey, kamu akan dapat menggunakannya untuk masuk ke akun kamu di perangkat baru.

Cara mencabut kunci sandi WhatsApp

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu tidak menyukai metode login tanpa kata sandi atau tidak yakin bagaimana cara menggunakannya, kamu bisa mencabut kata sandi yang dibuat. Begini caranya.

1. Buka WhatsApp di ponsel Android kamu.

2. Buka menu Pengaturan dengan mengetuk foto profil kamu di sudut kanan atas.

3. Buka Akun > Kunci Sandi.

4. Sentuh Cabut dan konfirmasikan tindakan kamu dengan menekan Cabut lagi di kotak dialog yang muncul.

Idealnya, kamu harus menggunakan semua kunci sandi. Google juga telah menjadikan ini sebagai opsi masuk default, jadi silakan siapkan kunci sandi untuk masuk ke akun Google kamu.

Mengingat manfaat kunci sandi, hanya masalah waktu saja sebelum kunci sandi menggantikan kata sandi untuk selamanya. Dengan passkey, kamu tidak perlu repot-repot mengingat kata sandi berbagai akun yang kamu miliki. Passkey juga dapat membatasi serangan phishing dan pencurian identitas.

Advertisement


(brl/red)