Cara mengatur ulang driver grafis di Windows 10 dan 11 untuk mengatasi masalah tampilan layar

Advertisement

Techno.id - Apakah layar komputer (laptop) kamu berkedip, redup, atau menampilkan gambar yang terdistorsi atau mengalami masalah performa selama bermain game atau memutar video? Jika demikian, kamu mungkin perlu mengatur ulang driver kartu grafis. Berikut adalah beberapa metode untuk melakukannya di PC Windows.

1. Mulai ulang driver grafis menggunakan pintasan keyboard

foto: techno.id/yani andriyansyah

Cara paling mudah untuk mengatur ulang driver kartu grafis di Windows adalah dengan menggunakan pintasan keyboard Win + Ctrl + Shift + B. Saat kamu menekan kombinasi tersebut, layar akan berkedip selama satu atau dua detik, dan kamu akan mendengar bunyi bip. Setelah itu, semuanya akan kembali normal.

Pintasan keyboard ini pada dasarnya me-reboot driver grafis di PC Windows. Alat ini sangat aman, karena tidak memengaruhi aplikasi atau pekerjaan yang belum disimpan. Namun, perhatikan bahwa ini mungkin tidak berfungsi saat bermain game, karena video game biasanya mengendalikan keyboard, mencegah Windows menggunakan pintasan ini.

2. Setel ulang driver kartu grafis menggunakan Device Manager

foto: tangkapan layar

Device Manager adalah alat praktis di Windows yang dapat membantu mengelola dan memecahkan masalah perangkat keras yang terhubung ke komputer. Kamu juga dapat menggunakannya untuk mengatur ulang driver kartu grafis dengan cepat di PC Windows 10 atau 11. Begini caranya.

1. Tekan Win + S untuk membuka menu pencarian, ketik Device Manager, dan tekan Enter.

2. Perluas bagian Adaptor tampilan.

3. Klik kanan pada driver kartu grafis dan pilih Properties.

4. Di jendela Properties, beralih ke tab Driver dan klik Disable Device. Kemudian, klik Ya untuk mengonfirmasi.

5. Tunggu beberapa detik lalu klik opsi Aktifkan Perangkat.

Layar kamu akan menjadi hitam sesaat ketika menonaktifkan dan mengaktifkan kembali driver grafis. Setelah itu, periksa untuk melihat apakah masalah telah teratasi.

Advertisement


(brl/red)