Cara mengatur ulang ponsel Samsung yang terkunci

Advertisement

Techno.id - Untuk menjaga keamanan, biasanya pengguna smartphone akan menyertakan kata sandi sebagai pengunci. Kata sandi bisa berupa pola atau numerik. Namun ada kalanya si pengguna lupa kata sandi tersebut.

Setelah beberapa kali percobaan dan gagal, biasanya smartphone akan terkunci. Nah jika kamu menggunakan smartphone Samsung, kamu bisa mengatur ulang smartphone tanpa harus membuka kuncinya.

Tetapi jika kamu melakukan hal tersebut, ada konsekuensinya. Cara itu akan menghapus semua data. Namun jika memang terpaksa dilakukan, ada beberapa hal yang diperlukan. Kamu memerlukan akses ke akun Google untuk mengatur ulang ponsel tanpa membuka kuncinya terlebih dahulu. Begini caranya.

1. Matikan ponsel

foto: unsplash/elly brian

Langkah pertama adalah mematikan ponsel Samsung kamu. Tetapi biasanya smartphone akan meminta kamu memasukkan PIN, kata sandi, atau pola. Jika kamu tetap tidak ingat informasi keamanan tersebut, maka kamu harus menunggu hingga baterai ponsel habis dan mati secara otomatis.

2. Buka menu pemulihan

foto: unsplash/dctrnh

Dalam kondisi ponsel mati, kamu harus mem-boot ke menu pemulihan. Artinya kamu harus menyalakan ponsel dengan kombinasi tombol tertentu. Kombinasi yang tepat tergantung pada jenis ponsel Samsung yang kamu miliki.

Namun pada sebagian besar ponsel Samsung termasuk varian yang lebih baru, memiliki tombol volume dan tombol samping. Kamu harus menekan volume atas dan tombol samping hingga kamu merasakan getaran dan melihat logo Samsung, lalu lepaskan.

Jika ponsel kamu memiliki tombol daya dan tombol Bixby seperti Samsung Galaxy S10, maka kamu harus menekan tombol volume atas, daya, dan Bixby secara bersamaan, dan tahan hingga kamu merasakan getaran, lalu lepaskan.

Terakhir, jika ponsel Samsung kamu memiliki tombol home fisik yang terpisah di bawah layar, maka kamu harus menekan volume atas, home, dan power secara bersamaan sampai merasakan getaran. Setelah kamu melakukannya, lepaskan tombol daya tetapi tetap tekan tombol lainnya, kemudian ketika merasakan getaran kedua, kamu dapat melepaskan tombol yang tersisa.

Pada sebagian besar kasus, salah satu dari metode ini akan berhasil, namun beberapa ponsel menggunakan volume turun daripada volume naik. Jadi jika tidak berhasil, cobalah tombol itu sebagai gantinya. Selain itu, beberapa perangkat Samsung mengharuskan kamu untuk mencolokkan ponsel ke komputer melalui port USB atau menyambungkan headphone USB sebelum kombinasi tombol ini berfungsi.

Advertisement


(brl/red)