Cara mengelola kata sandi di iPhone untuk meningkatkan keamanan data pribadi kamu

Advertisement

Techno.id - iPhone menyimpan kata sandi di iCloud Keychain, pengelola kata sandi bawaan Apple. Opsi ini nyaman tetapi memiliki beberapa kelemahan. Masalah utama adalah tidak berfungsi dengan baik dengan platform lain, sehingga sulit bagi pengguna Apple untuk menggunakan kata sandi dan kunci sandi mereka di luar ekosistem Apple. 

Selain itu, Apple mengumpulkan banyak data pengguna. Nah pengguna Apple yang khawatir tentang data privasi mereka, kemungkinan mempertimbangkan untuk tidak bergantung pada produk Apple dan menjelajahi platform alternatif lain (Android) yang fokus pada privasi untuk melindungi informasi pribadi mereka dengan lebih baik.

Namun jika kamu belum siap untuk beralih sepenuhnya ke platform lain, ada cara meningkatkan privasi iCloud Keychain dan betapa mudahnya memigrasikan data kamu.

Cara menemukan kata sandi yang disimpan di iPhone

Ada tiga cara untuk menemukan kata sandi di iPhone, menggunakan aplikasi Pengaturan, Pencarian Spotlight, atau Siri. Berikut cara menggunakan masing-masing.

Menggunakan aplikasi pengaturan

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone kamu.

2. Gulir ke bawah dan, tergantung pada versi iOS kamu, ketuk Kata Sandi (iOS 14 atau lebih baru) atau Kata Sandi dan Akun (iOS 13 atau lebih lama).

3. Verifikasi menggunakan Face ID, Touch ID, atau kode sandi perangkat kamu.

4. Kamu akan melihat daftar situs web dan aplikasi, sehingga dapat mengetuk salah satu untuk melihat kata sandi yang disimpan. Kamu juga dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas untuk menemukan kata sandi yang kamu cari dengan cepat.

Menggunakan pencarian spotlight

1. Dari layar Utama, gesek ke bawah dari bagian tengah layar untuk mengakses Pencarian Spotlight. Atau, kamu dapat menggesek ke kanan pada layar Utama hingga bilah Pencarian Spotlight muncul.

2. Di bilah pencarian, ketik Kata Sandi untuk menampilkan bagian Kata Sandi (iOS 14 atau lebih baru) atau Kata Sandi dan Akun (iOS 13 atau lebih lama) dari aplikasi Pengaturan.

3. Ikuti langkah-langkah selanjutnya seperti di atas.

Menggunakan Siri

1. Aktifkan Siri dengan mengucapkan “Hey Siri” jika kamu mengaktifkan fitur tersebut. Atau, tekan dan tahan tombol Utama (di iPhone yang memilikinya) atau tombol Samping (di iPhone tanpa tombol Utama).

2. Setelah Siri diaktifkan, ucapkan sesuatu seperti “Tampilkan Kata Sandi Saya” atau “Buka Kata Sandi Saya Yang Tersimpan”. Kamu juga dapat meminta Siri untuk menampilkan kata sandi tertentu dengan mengucapkan sesuatu seperti “Hai Siri, apa kata sandi Netflix saya?”

3. Siri akan meminta kamu mengesahkan menggunakan Face ID, Touch ID, atau kode sandi perangkat kamu.

4. Setelah autentikasi, Siri akan membawa kamu ke bagian Kata Sandi (iOS 14 atau lebih baru) atau Kata Sandi dan Akun (iOS 13 atau lebih lama) di aplikasi Pengaturan.

5. Ikuti langkah-langkah selanjutnya dari bagian Setelan aplikasi di atas.

Cara menghapus kata sandi yang disimpan di iPhone

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Ikuti salah satu metode di atas untuk membuka bagian Kata Sandi (iOS 14 atau lebih baru) atau Kata Sandi dan Akun (iOS 13 atau lebih lama) di aplikasi Setelan.

Kata sandi individual

1. Pilih situs web atau aplikasi.

2. Ketuk Hapus Kata Sandi di bagian bawah layar.

3. Konfirmasikan penghapusan jika diminta.

Beberapa kata sandi sekaligus

1. Ketuk Edit di pojok kanan atas layar.

2. Pilih kata sandi yang ingin kamu hapus dengan mengetuk lingkaran di samping setiap entri.

3. Ketuk Hapus di bagian bawah layar.

4. Konfirmasikan penghapusan jika diminta.

 

Advertisement


(brl/red)