Cara mengetahui jangkauan jaringan seluler, LTE atau 5G  

Advertisement

Techno.id - Jangkauan jaringan seluler adalah salah satu aspek terpenting dari kepemilikan ponsel cerdas. Inilah yang menentukan di mana kamu dapat melakukan panggilan dan menggunakan fitur data jaringan seperti email. Seberapa cepat dan dapat diandalkan jaringan tersebut. Tetapi bagaimana kamu bisa mengetahui dengan tepat area apa yang tercakup.   

Cara paling sederhana untuk mengetahui jangkauan jaringan operator adalah dengan memeriksa peta. Sangat umum bagi penyedia layanan menampilkan peta cakupan di situs web resmi mereka. Peta ini juga dapat dicari jika kamu ingin memverifikasi lokasi tertentu.

LTE atau 5G?

foto: freepik

Hal yang perlu diingat saat memeriksa jangkauan jaringan adalah ponsel kamu dapat terhubung ke lebih dari satu jenis jaringan. Apakah bisa mencakup Long Term Evolution (LTE)  yang berada di bawah payung 4G, atau 5G (broadband generasi kelima). Meskipun keduanya adalah sejenis jaringan seluler, keduanya tidak dapat dipertukarkan, dan area jangkauannya tidak selalu tumpang tindih.

Dalam arti yang sangat umum, pikirkan LTE sebagai jaringan seluler default untuk sebagian besar smartphone modern dan hotspot seluler. Ini rata-rata lebih cepat dan lebih andal daripada teknologi seluler yang lebih tua sementara jauh lebih banyak daripada 5G untuk saat ini.

Di sisi lain, 5G dimaksudkan untuk menjadi jauh lebih cepat dan lebih andal daripada LTE. Tangkapannya adalah bahwa LTE telah menjadi standar untuk beberapa waktu sementara 5G masih dalam fase pertumbuhannya, sehingga cakupan 5G tidak seluas itu. Kinerja 5G juga dapat lebih mudah dipengaruhi lalu lintas tinggi dan kedekatan menara jaringan.

Beberapa operator meluncurkan sistem 5G lebih lambat. Akibatnya jangkauan mereka mungkin tidak tersedia atau seluas dibanding yang lain. Selain itu, tidak semua smartphone mendukung 5G secara default. Jadi, sementara perangkat yang menggunakan 5G juga harus dapat terhubung ke LTE, jangan berharap itu bekerja sebaliknya. Sebab tidak semua perangkat LTE juga akan mendukung 5G.

Bergantung pada operator, peta cakupan yang disediakan dapat menggambarkan salah satu atau kedua kemungkinan jaringan ini. Di mana kamu dapat beralih di antara keduanya. Saat memeriksa peta jangkauan untuk operator, pastikan kamu tahu jenis jaringan (LTE atau 5G) yang dapat digunakan perangkat kamu.

Advertisement


(brl/red)