Cara mengetik otomatis di Google Docs hanya menggunakan suara
foto: freepik/rawrpixel
Techno.id - Google Docs telah menjadi salah satu alat pengolah kata paling popular di dunia, membantu jutaan orang untuk membuat dokumen, esai, laporan, dan banyak lagi. Tetapi, apa yang membuatnya semakin hebat yaitu fitur mengetik otomatis hanya dengan menggunakan suara.
-
11 Cara gunakan fitur anyar di Google Docs, miliki voice typing Google Docs merupakan aplikasi yang memberikan layanan olah kata, lembar sebar, presentasi, formulir, dan penyimpanan data.
-
8 Tips menggunakan Google Document untuk pemula yang wajib diketahui Google Document memiliki sejumlah fitur yang dapat memudahkan pekerjaan
-
Makin canggih, sekarang kamu bisa ngetik pakai suara di smartphone Biar nggak capek ngetik pakai dua tangan.
Dengan bantuan teknologi pengenalan suara yang semakin canggih, pengguna sekarang dapat mengubah suara mereka menjadi teks dengan mudah dan cepat. Berikut cara menggunakan fitur mengetik otomatis dengan suara di Google Docs, Senin (09/10).
1. Buka Google Chrome
Langkah pertama adalah membuka Google Chrome di perangkat. Pastikan kamu sudah masuk ke akun Google.
2. Pilih logo opsi dan klik Google Docs
Di dalam menu beranda Google opsi’, letaknya ada di pojok kanan atas. gulir ke bawah dan temukan ‘Google Docs’. Klik opsi ini untuk membuka Google Docs di laptop.
3. Buka Resume
Setelah masuk ke Google Docs, buka dokumen baru dan pilih dokumen ‘Resume’ di bagian atas layar. Dengan memilih ini akan masuk ke dokumen baru yang ada di Google Docs.
4. Pilih alat dan klik dikte
Di dalam menu beranda Goigle Docs, terdapat tulisan yang harus dihapus terlebih dahulu. kemudian klik ‘Alat’. Kemudian gulir ke bawah dan temukan opsi yang disebut ‘Dikte’ lalu klik opsi ini untuk memulai fitur mengetik otomatis dengan suara.
5. Izinkan akses mikrofon
Google Docs akan meminta izin untuk mengakses mikrofon. Pastikan kamu mengizinkannya karena ini adalah bagian yang sangat penting dari proses ini. Letak mikrofon berada di kiri atas, klik ikon mikrofon tersebut untuk mulai berbicara.
6. Mulai berbicara
Terakhir, tekan tombol mikrofon yang akan muncul di samping dokumen, kemudian mulai berbicara. Google Docs akan mulai mengenali suara kamu dan mengubahnya menjadi teks.
Jangan lupa untuk menyimpan dokumen jika perlu, dan kamu dapat membagikannya dengan orang lain melalui tautan berbagi atau undangan langsung.
Dengan fitur mengetik otomatis dengan suara di Google Docs, pekerjaan mengetik akan menjadi lebih mudah dan efisien. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang ingin menghemat waktu.
(magang/rama prameswara)
BACA JUGA :
- 6 Layanan Google yang cepat menguras daya baterai, begini cara mengatasinya
- Cara menjaga email kamu tetap terenkripsi di Gmail
- Google bakal menghapus tampilan Gmail klasik pada awal 2024, ini alasannya
- Cara mengubah latar belakang Google di Chrome, biar tampilannya lebih personal
- Cara membuat catatan rapat dengan cepat menggunakan Google Docs
(brl/red)