Cara menggunakan Action Button di iPhone, mengerjakan berbagai tugas jadi lebih praktis

Advertisement

Techno.id - Selama bertahun-tahun, pemilik iPhone menjadi terbiasa dengan sakelar bisu, yang mengaktifkan atau menonaktifkan mode senyap. Dengan iPhone 15 Pro, Apple mengganti sakelar dengan Action Button (Tombol Tindakan) yang dapat disesuaikan. Sekarang tombol tersebut menjadi fitur di semua model iPhone, jadi bagaimana cara kerjanya?

Action Button adalah tombol yang dapat diprogram untuk dapat melakukan berbagai tugas yang tidak memerlukan beberapa ketukan dan gesekan. Jadi, kamu dapat mengaturnya untuk melakukan apa saja mulai dari mengaktifkan mode Fokus di iPhone hingga merekam memo suara atau mengenali musik yang diputar di latar belakang.

Kamu dapat melakukan tugas-tugas ini melalui Control Center (Pusat Kontrol) atau di mana pun tugas-tugas tersebut berada di iPhone, tetapi inti dari Action Button adalah untuk menyederhanakan tindakan dengan mengurangi waktu yang kamu perlukan untuk memicunya. Cukup atur tombol ke tugas atau tindakan apa pun yang ingin kamu lakukan dan tekan kapan pun kamu mau.

Nilai Action Button terletak pada kemampuannya untuk melakukan hampir semua hal yang kamu atur, termasuk beralih di antara mode dering yang biasa dilakukan sakelar bisu.

iPhone yang memiliki Action Button

foto: apple

Action Button adalah tambahan yang relatif baru untuk iPhone. Saat ini, hanya enam model iPhone yang memiliki tombol tersebut, termasuk model iPhone 15 Pro dan keempat pendatang baru dalam jajaran iPhone 16.

Pada model dengan tombol, fitur itu terletak di tempat sakelar bisu, tepat di atas tombol volume di panel kiri. Selanjutnya, tombol itu memiliki tekstur yang mirip dengan bingkai aluminium dan titanium pada masing-masing iPhone.

Cara menggunakan Action Button

foto: macrumors

Menggunakan Action Button cukup mudah. Tekan dan tahan tombol, dan itu akan melakukan tindakan yang ditetapkan. Perhatikan bahwa kamu harus menahan Action Button agar berfungsi sebagai kebalikan dari menggeser sakelar bisu mekanis pada model iPhone yang lebih lama. Setelah menjalankan tugas yang ditetapkan, iOS memberikan umpan balik haptic.

Secara default, Action Button beralih di antara mode dering atau senyap sehingga kamu tidak melewatkan tombol dering. Namun, ada lebih dari selusin kemungkinan cara untuk menggunakan Action Button dengan menyesuaikannya. Dengan mengubah tindakan yang dipicunya, kamu dapat mengubah cara menggunakan Action Button dan pada akhirnya cara kamu menggunakan iPhone.

Cara menyesuaikan Action Button

foto: apple

Di iPhone dengan Action Button, kamu mendapatkan opsi pengaturan khusus yang berisi semua opsi yang disediakan Apple. Di luar kotak, ada total 12 tindakan berbeda yang dapat kamu pilih.

Ini termasuk mode senyap, mode Fokus, Kamera, Senter, Memo Suara, Kenali Musik, Terjemahkan, Kaca Pembesar, Kontrol, Pintasan, Aksesibilitas, dan Tanpa Tindakan. Untuk melihat semua opsi yang tersedia, buka Pengaturan > Action Button. Kamu akan melihat semua tindakan yang terdaftar, beserta nama dan tugas yang dapat dilakukan.

Jika satu tindakan memiliki lebih dari satu hasil, kamu akan melihat menu di bagian bawah untuk mengontrolnya. Misalnya, Fokus memungkinkan kamu memilih dari berbagai mode, termasuk Kerja, Tidur, Pribadi, atau mode lain yang mungkin telah kamu buat.

Pilihan aksesibilitas memungkinkan kamu mengaktifkan fitur seperti filter warna, pembalikan klasik, peningkatan kontras, kaca pembesar, VoiceOver, dan fitur aksesibilitas lainnya yang disertakan di iPhone.

Tugas lain yang dapat dilakukan Action Button

foto: macrumors

Meskipun tugas Action Button yang telah ditentukan sebelumnya Apple sedikit membosankan, kamu dapat menautkan Pintasan khusus dengan tombol yang dapat diprogram dan mendapatkan lebih banyak manfaat. Di menu Action Button, buka Pintasan > Pilih Pintasan, lalu pilih dari daftar opsi yang tersedia.

Kamu hanya dapat mengatur satu pintasan Action Button dalam satu waktu. Secara default, pintasan memungkinkan kamu membuka kamera foto dengan satu tekanan. Tetapi dengan dua tekanan, kamu dapat membuka kamera video.

Jika kamu mau, ubah fungsi pintasan dengan mengeditnya dan mengganti tindakan “Foto di Kamera” dan “Video di Kamera” dengan yang lain. Setelah selesai, petakan pintasan ke Action Button, dan kamu siap melakukannya. Pada dasarnya, menu Action Button ini berisi sebagian besar opsi yang disediakan di bagian pengaturan default.

Advertisement


(brl/red)