Cara menggunakan Genmoji di iOS 18, bikin emoji yang dihasilkan AI hanya dalam hitungan detik

Advertisement

Techno.id - Genmoji, salah satu fitur baru yang paling dinantikan di iOS 18 merupakan bagian dari Apple Intelligence, Namun hingga saat ini belum tersedia meski iOS 18 telah diluncurkan. Apple Intelligence diperkirakan akan secara resmi diluncurkan akhir tahun ini, kemungkinan Oktober. Tidak jelas apakah Genmoji akan menjadi bagian dari peluncuran Apple Intelligence akhir 2024. 

Fitur Genmoji memungkinkan kamu membuat emoji khusus dari keyboard emoji menggunakan AI generatif. Genmoji hanya dapat digunakan di iPhone 15 Pro, 15 Pro Max, dan semua model iPhone 16. Genmoji bisa dibilang salah satu fitur terbaik yang hadir di iOS 18. Penggabungan kata “AI generatif” dan “emoji”, Genmoji memungkinkan kamu menggambarkan emoji yang ingin dibuat.

Meskipun iOS menawarkan perpustakaan emoji yang cukup banyak untuk dipilih, ada kalanya kamu tidak dapat menemukan karakter tepat untuk menggambarkan ekspresi yang ingin kamu sampaikan. Genmoji memecahkan masalah ini.

Memanfaatkan Apple Intelligence dan pemrosesan di perangkat, iOS 18 bertenaga AI yang akan datang memiliki kemampuan untuk menghasilkan emoji yang disesuaikan. Pertanyaannya, bagaimana kamu menggunakan Genmoji? Ketika fitur ini masuk ke iPhone, berikut adalah sekilas tentang bagaimana kamu dapat menggunakan Genmoji.

Cara menggunakan Genmoji

foto: apple

1. Buka aplikasi Pesan

Seperti disebutkan di atas, untuk menggunakan Genmoji kamu harus memiliki iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, atau model iPhone 16 apa pun serta fitur Apple Intelligence lainnya. Genmoji tidak akan tersedia hingga iOS 18.2, yang dijadwalkan akan dirilis pada Desember 2024.

Kamu dapat mengirim Genmoji ke siapa saja, bahkan orang yang memiliki model iPhone yang berbeda atau tidak memiliki iPhone sama sekali. Namun, Genmoji akan dikirim sebagai lampiran alih-alih muncul seperti emoji standar untuk pengguna ini.

2. Buka papan ketik emoji

Kamu dapat melakukannya dengan mengetuk bidang pesan lalu mengetuk tombol wajah tersenyum di sudut kiri bawah layar.

3. Ketuk bidang “Deskripsikan emoji” dan tulis deskripsi Genmoji kamu

Kamu dapat menulis apa saja di sini. Jika tidak ada emoji untuk itu, coba buat Genmoji sebagai gantinya. Gelembung ovular akan muncul, menunjukkan bahwa saat ini sedang menghasilkan Genmoji baru berdasarkan teks yang kamu buat.

foto: apple

4. Pilih salah satu Genmoji yang dibuat

Setelah beberapa detik, kamu akan disajikan dengan beberapa interpretasi dari prompt yang kamu buat. Gulir dan temukan salah satu yang paling kamu sukai.

5. Ketuk “Sisipkan” di pojok kanan atas

Geser opsi dan tekan “Sisipkan” pada opsi yang paling kamu sukai. Genmoji akan disimpan di tab Genmoji pada keyboard emoji sehingga kamu dapat menggunakannya lagi.

Advertisement


(brl/red)