Cara menggunakan iPhone atau ponsel Android untuk menandatangani dokumen

Advertisement

Techno.id - Saat kamu menerima dokumen penting yang hanya membutuhkan tanda tangan, kamu dapat dengan mudah mengurusnya menggunakan ponsel. Baik kamu menggunakan iPhone atau ponsel Android, keduanya menyertakan opsi bawaan untuk menambahkan tanda tangan cepat, menyimpan salinan baru, dan mengirimkannya ke siapa pun. 

Meskipun alat ini berfungsi dalam keadaan darurat, tetapi fitur ini tidak direkomendasikan untuk dokumen yang memerlukan banyak tanda tangan dan mengisi banyak kotak teks.

Alat penandatanganan yang lebih canggih seperti DocuSign atau Microsoft 365 dioptimalkan dengan lebih baik. Jika kamu menandatangani sesuatu dokumen seperti sewa apartemen, kamu mungkin ingin menampilkannya di layar yang lebih besar seperti komputer atau tablet.

Sebagian besar dokumen yang memerlukan tanda tangan jauh lebih pendek dan sederhana. Jadi jika kamu berurusan dengan salah satunya, alat Markup Apple dan aplikasi Google Drive masing-masing menyertakan cara cepat untuk mengisi dokumen.

Masuk dengan Google Drive di Android atau iPhone

foto: freepik/armmypicca

Aplikasi Google Drive disertakan di semua ponsel Android dan dapat diunduh ke iPhone, menyertakan alat Markup yang memudahkan penandatanganan dokumen. Saat menggunakan Google Drive di Android, kamu harus membuka PDF yang ingin ditandatangani terlebih dahulu.

Saat terbuka, tergantung pada filenya, kamu akan mendapatkan opsi Edit yang ditandai dengan pensil atau opsi Anotasi yang ditandai dengan pena dengan garis berlekuk-lekuk. Jika kamu memiliki opsi Edit, kamu dapat memilih Pengisian Formulir untuk memasukkan informasi tambahan. Jika kamu hanya memiliki opsi Anotasi, maka dapat mengetuknya untuk memunculkan pen tool, dan kamu dapat menggunakannya untuk memberikan tanda tangan cepat ke dokumen.

Sayangnya, Google Drive tidak secara konsisten mendeteksi PDF yang seharusnya mendapatkan opsi Pengisian Formulir. Jika perlu mengedit dokumen untuk menyertakan teks biasa, kamu mungkin ingin menggunakan layanan alternatif yang lebih andal.

Jika langkah-langkah di atas berhasil menyelesaikan apa yang kamu butuhkan untuk dokumen, kamu dapat mengetuk Simpan di kanan atas untuk menyimpan perubahan tersebut. Jika ingin membuat salinan terpisah dengan perubahan ini, kamu dapat mengetuk tombol Lainnya yang ditandai dengan tiga titik vertikal dan mengetuk Simpan sebagai.

Google Drive versi iPhone memiliki fleksibilitas yang lebih rendah. Setelah membuka PDF, kamu akan melihat opsi Isi formulir di bagian bawah yang menunjukkan apakah Google Drive dapat mengisi formulir tersebut. Jika tidak, tidak ada opsi anotasi untuk digunakan kembali. Apple memiliki alat bawaannya sendiri untuk menandatangani dokumen, yang dapat digunakan sebagai gantinya.

 

Advertisement


(brl/red)