Cara menggunakan iPhone atau ponsel Android untuk menandatangani dokumen

Advertisement

Tandatangan di ponsel

Masuk dengan alat markup Apple di iPhone

foto: freepik/nensuria

Alat Markup Apple memungkinkan anotasi dokumen dan foto dengan teks, gambar, emoji, dan tanda tangan. Kamu dapat mengakses alat ini dari seluruh iOS, baik secara langsung saat melihat PDF atau dari menu Bagikan Apple.

Pertama-tama buka PDF yang ingin kamu tandatangani, baik PDF tersebut dari lampiran email atau dari situs web. Bergantung pada aplikasi yang kamu gunakan untuk melihatnya, kamu mungkin sudah melihat alat Markup di sudut kanan bawah layar, yang digambarkan dengan ujung pena di dalam lingkaran.

Jika tidak, ketuk ikon Bagikan yang ditandai dengan kotak dengan panah menghadap ke atas, dan di menu pop-up gulir ke atas untuk menemukan dan mengetuk Markup.

Setelah Markup diaktifkan, pertama-tama kamu akan mendapatkan opsi untuk mencoret-coret langsung ke dokumen menggunakan berbagai alat pena, tetapi jangan gunakan itu untuk menandatangani dokumen.

Sebagai gantinya, ketuk ikon Tanda Tangan yang ditandai dengan persegi panjang dengan pensil, yang kemungkinan akan berada di baris atas menu Markup. Ini kemudian akan memunculkan ikon + di kanan bawah layar, dan setelah mengetuknya, kamu akan memilih Tambahkan Kotak Formulir Teks atau Tambahkan Tanda Tangan. Yang pertama bagus untuk mengetik teks cetak, sedangkan yang kedua untuk tanda tangan tulisan tangan.

Jika memilih untuk menambahkan kotak teks, kamu dapat memindahkan kotak teks terlebih dahulu dengan menyeret dan mengubah ukurannya sesuai kebutuhan. Kemudian kamu dapat mengetuk kotak teks untuk membuka keyboard agar bisa memasukkan teks. Setelah selesai, kamu dapat mengetuk di luar kotak teks untuk menghilangkan keyboard, lalu mengetuk Selesai di kanan atas untuk menyimpan perubahan tersebut.

Jika kamu menambahkan tanda tangan, pertama-tama kamu akan menggunakan menu pop-up untuk menandatangani nama kamu menggunakan jari. Tanda tangan tersebut dapat disimpan dan digunakan kembali untuk dokumen selanjutnya.

Setelah menyiapkan tanda tangan tersebut, kamu dapat mengetuk Selesai untuk memindahkannya ke dalam kotak teks di dokumen. Kamu kemudian dapat menggunakan jari untuk menarik, melepas, dan mengubah ukuran sesuai kebutuhan.

Baik menggunakan opsi kotak teks atau opsi tanda tangan, kamu dapat membuat penyesuaian tambahan pada setiap kotak dengan mengetuk ikon opsi di samping setiap kotak, yang ditandai dengan tiga titik (...). Pop-up ini memungkinkan kamu Memotong, Menyalin, Menggandakan, atau Menghapus kotak sesuai kebutuhan.

Setelah selesai melakukan penyesuaian, kamu dapat memilih Selesai untuk menyimpan perubahan atau menggunakan ikon Bagikan untuk mengirim dokumen yang telah diubah ke aplikasi lain seperti email atau penyimpanan cloud.

Advertisement


(brl/red)