Cara menggunakan LocalSend untuk mentransfer file antar perangkat lintas platform secara nirkabel

Advertisement

Cara menggunakan LocalSend untuk mengirim file

Menggunakan LocalSend untuk mentransfer file dari PC ke ponsel

foto: localsend

LocalSend memiliki antarmuka yang sama dan bekerja serupa di semua platform, jadi tidak ada banyak perbedaan antara mengirim dari ponsel dan mengirim dari komputer. Sekali lagi, kamu perlu menginstal aplikasi untuk mengirim file, tetapi tidak harus untuk menerimanya.

Setelah aplikasi diinstal, kamu dapat memilih file yang ingin dikirim dengan mengklik File di bawah panel Pilihan. Jika perangkat penerima terhubung ke jaringan lokal, perangkat tersebut akan muncul di bawah Perangkat terdekat. Klik ikon refresh jika perangkat lain tidak segera muncul.

Transfer file akan dimulai segera setelah kamu memilih perangkat yang akan dikirim. Transfer file LocalSend cukup cepat, yang berguna saat kamu ingin mengirim beberapa dokumen, gambar, dan video berukuran besar.

Di komputer desktop, kamu dapat mengaktifkan Mulai Otomatis setelah masuk dari menu Pengaturan agar aplikasi selalu berjalan. Tidak ada opsi serupa di aplikasi selular, jadi kamu harus memastikan bahwa LocalSend aktif sebelum memulai transfer. Opsi lain yang dapat kamu pertimbangkan untuk diubah meliputi.

foto: play.google.com

1. Selesai Otomatis: Opsi ini menyelesaikan transfer secara otomatis dan dinonaktifkan secara default.

2. Memerlukan PIN: Mengaktifkan ini memungkinkan kamu mengatur PIN yang harus dimasukkan pengirim untuk mentransfer file ke perangkat kamu.

3. Simpan ke Folder: Pengaturan ini memungkinkan kamu memilih folder default untuk transfer masuk.

4. Simpan ke riwayat: File yang diterima dicatat dalam Riwayat secara default. Kamu dapat melihatnya dengan mengklik ikon di bagian atas tab Terima.

5. Animasi: Kamu dapat menonaktifkan animasi untuk mengurangi jumlah memori yang digunakan aplikasi

LocalSend bukan satu-satunya alternatif Airdrop. Ada beberapa opsi lain seperti Snapdrop, PairDrop, AirDroid, dan KDE Connect. Namun, LocalSend sederhana, tidak memerlukan akun, bekerja tanpa koneksi internet, dan umumnya lebih andal daripada kebanyakan aplikasi alternatif lainnya.

Advertisement


(brl/red)