Cara menggunakan Mode Game di iPhone atau iPad, ini fungsinya

Advertisement

Techno.id - Apple menambahkan Mode Game ke iPhone dan iPad dengan pembaruan iOS dan iPadOS 18. Inilah fungsinya, cara mengaktifkan atau menonaktifkannya, dan satu fitur lagi yang mungkin ingin kamu aktifkan jika memainkan banyak game di perangkat. 

Mode Game memicu secara otomatis

foto: apple

Hal yang baik tentang Mode Game adalah fitur tersebut aktif  secara otomatis setiap kali kamu mulai bermain game. Cukup luncurkan judul dan cari pop-up “Game Mode On” yang muncul di bagian atas layar.

Ketuk ikon untuk menonaktifkan Mode Game. Kamu juga dapat mengaktifkan mode melalui Pusat Kontrol saat bermain game dengan menggesek ke bawah dari sudut kanan atas layar dan kemudian mengetuk nama game di bagian paling atas layar.

Ini yang dilakukan Mode Game

foto: apple

Untuk menggunakan Mode Game, kamu harus menjalankan iOS 18 atau iPadOS 18. Jika memiliki perangkat yang kompatibel, kamu dapat memutakhirkan perangkat lunak di Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Mode Game mengalihkan sumber daya dari aktivitas latar belakang sehingga kamu mendapatkan performa terbaik dari game. Meskipun terpicu secara otomatis untuk semua game bahkan yang sederhana seperti Mini Metro, Mode Game akan memiliki dampak terbesar pada judul game 3D yang menuntut, terutama game triple-A seperti Resident Evil Village yang menyebabkan beberapa orang membandingkan iPhone 15 Pro dengan konsol genggam.

Game yang kamu mainkan akan diprioritaskan oleh chip iPhone, yang berarti proses latar belakang akan memakan waktu lebih lama untuk diselesaikan untuk memberikan lebih banyak kinerja. Namun saat menggunakan Mode Game, jika kamu melakukan aktivitas lain maka akan menguras sedikit lebih banyak masa pakai baterai.

Selain peningkatan kinerja, Mode Game juga menggandakan tingkat polling Bluetooth untuk pengontrol. Ini berarti iPhone akan memeriksa input dua kali lebih sering dari biasanya sehingga kontrol terasa lebih responsif dan pemain mengalami lebih sedikit penundaan input.

Gunakan mode fokus untuk meminimalkan gangguan  

foto: apple

Jika kamu benar-benar ingin melakukan permainan serius di iPhone, kamu mungkin ingin bermain tanpa gangguan. Kamu dapat melakukannya dengan mengatur mode Fokus khusus di iPhone di bawah Pengaturan > Fokus.

Kamu kemudian dapat memutuskan apakah akan menyaring semua panggilan dan pesan, kontak atau aplikasi mana yang masih dapat mengirimi pemberitahuan, dan bahkan memicu mode fokus game setiap kali pengontrol terhubung. Mode Game sudah lama tertunda untuk iPhone dan iPad, jadi senang melihat Apple mengambil tindakan di iOS 18.

Advertisement


(brl/red)