Cara menggunakan pengontrol PS5 di Windows 10, pakai kabel USB biar lebih lancar

Advertisement

Cara menggunakan kontroler PS5 di Windows

Menggunakan pengontrol PS5 untuk game PC Non-Steam

foto: freepik/denisbarysau

Di luar Steam, pengontrol DualSense kamu mungkin berfungsi secara native dengan klien game PC lainnya di Windows 10. Namun, kemungkinan besar, kamu harus melewati beberapa rintangan tambahan agar pengontrol PS5 kamu berfungsi dengan game PC lainnya. Meskipun pengontrol Xbox secara asli berfungsi dengan banyak game PC, kamu harus mengambil beberapa langkah tambahan untuk memastikan DualSense berfungsi dengan sebagian besar game PC di luar Steam.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengunduh aplikasi pihak ketiga yang akan membantu DualSense terhubung dengan game PC yang ingin kamu mainkan. Ada beberapa opsi, tetapi di sini Techno.id menyoroti dua favorit untuk membantu kamu memulai.

Pertama adalah DualSenseX DS5 Windows, sebuah aplikasi yang dibuat khusus untuk bekerja dengan pengontrol PS5 Sony. Menggunakannya, kamu dapat dengan mudah menghubungkan DualSense ke banyak game PC, baik dengan meniru pengontrol virtual atau memetakan ulang tombol secara langsung. Fitur yang paling mengesankan, bagaimanapun, adalah bahwa DS5 Windows dapat meniru pemicu adaptif dan umpan balik haptic yang biasanya hanya tersedia dengan judul PS5.

Opsi solid lainnya adalah reWASD, yang dibuat untuk mendukung berbagai macam pengontrol, keyboard, dan perangkat lainnya. Meskipun reWASD tidak dapat mereplikasi umpan balik haptic dan pemicu adaptif seperti yang dapat dilakukan DualSenseX, reWASD menawarkan lebih banyak dalam hal penyesuaian, terutama dengan cara kamu memetakan ulang tombol.

reWASD adalah pilihan yang baik jika kamu menggunakan banyak perangkat berbeda untuk bermain game dan ingin menyimpan peta tombol terpisah. Tetapi jika kamu berencana hanya menggunakan DualSense saat bermain game PC, DualSenseX akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Advertisement


(brl/red)