Cara menggunakan reaksi pesan dengan emoji khusus di iOS 18 dan iPadOS 18

Advertisement

Techno.id - Pembaruan OS iOS dan iPad terbaru memungkinkan pengguna memberikan reaksi terhadap pesan dengan emoji apa pun, bukan hanya enam emoji dasar. Apple memperkenalkan fitur ketuk kembali di aplikasi pesan pada 2016 silam. 

Tapback mengacu pada kemampuan untuk memberikan reaksi terhadap pesan dengan salah satu dari enam emoji yang telah ditentukan sebelumnya seperti ikon jempol ke atas atau hati. Kini, dalam pembaruan rilis iOS 18 dan iPadOS 18 terbaru memungkinkan pengguna bereaksi dengan emoji apa pun dari papan ketik. Sekarang kamu dapat menunjukkan kepada pengirim pesan bagaimana perasaan kamu.

Apple juga memberikan face lift ke enam emoji dasar

foto: apple

Salah satu hal pertama yang akan kamu lihat saat menggunakan aplikasi Pesan di iOS 18 adalah tampilan baru ikon Tapback. Sebelumnya, mengetuk dan menahan gelembung teks akan memunculkan daftar ikon abu-abu yang dapat digunakan untuk mengirimkan reaksi. Namun di iOS18, daftar reaksi diubah dengan ikon warna-warni, dan emoji yang disematkan juga sedikit dipoles.

Dengan pembaruan iOS 18, kamu akan melihat opsi baru muncul untuk memilih emoji berbeda di bawah enam ikon asli. Mengetuk ikon wajah tersenyum abu-abu akan memunculkan papan ketik emoji, dan kamu dapat memilih respons yang sempurna.

Selain mengizinkan emoji apa pun digunakan untuk bereaksi terhadap pesan, pengguna iOS18 juga dapat merespons dengan stiker. Stiker dapat dibuat menggunakan berbagai aplikasi atau bahkan dari Foto, dan sekarang dapat digunakan sebagai reaksi pesan. Saat kamu mengetuk dan menahan pesan, menu baru akan muncul di bawah ikon Ketuk Kembali. Ketuk Tambahkan Stiker untuk memilih reaksi stiker.

Memperluas opsi emoji Tapback hanyalah salah satu penyempurnaan pada aplikasi Pesan di iOS 18 dan iPadOS 18. Jika kamu tidak dapat menunggu hingga rilis resmi iOS18 atau iPadOS 18 akhir tahun ini, kamu dapat meningkatkan ke versi beta sekarang.

Advertisement


(brl/red)