Cara menghapus atau menonaktifkan akun Apple ID dengan aman

Advertisement

Techno.id - Jika berencana meninggalkan ekosistem Apple dan ingin bermigrasi menggunakan perangkat Android, kamu mungkin ingin menghapus akun Apple. Untungnya, Apple memungkinkan kamu melakukannya.

Jika kamu memilih untuk tidak kehilangan akses ke akun sepenuhnya, kamu juga dapat menonaktifkannya untuk sementara. Begini cara melakukan keduanya!

Cara menghapus akun Apple  

foto: freepik/user7814140

Sebelum melanjutkan, penting untuk diketahui bahwa menghapus Akun Apple secara permanen berarti kehilangan akses ke data apa pun yang disimpan di iCloud, termasuk kontak, foto, dan file. Kamu  juga akan kehilangan akses ke layanan Apple seperti Pesan, FaceTime, Lacak, Apple Music, dan pembelian apa pun yang kamu lakukan melalui layanan tersebut.

Oleh karena itu, pastikan kamu mengunduh foto dari iCloud dan membuat salinan data penting lainnya. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus Akun Apple kamu secara permanen.

1. Buka situs web Data dan Privasi Apple dan masuk menggunakan kredensial akun kamu. Jika kamu mengaktifkan autentikasi dua faktor (2FA), kode verifikasi dapat dikirim ke perangkat Apple kamu yang lain.

2. Sekarang kamu akan dialihkan ke halaman Kelola data. Gulir ke bawah dan tekan Permintaan untuk menghapus akun kamu di bawah header Hapus akun Anda.

3. Perluas menu tarik-turun berlabel Pilih alasan. Kemudian, klik tombol Lanjutkan.

4. Pada layar berikutnya, baca hal-hal penting yang harus kamu ketahui sebelum penghapusan dan tekan tombol Lanjutkan. Demikian pula, tinjau Syarat dan Ketentuan Penghapusan, centang kotak, dan tekan Lanjutkan lagi.

5. Kamu akan ditanya bagaimana ingin menerima pembaruan tentang akun kamu. Pilih dari salah satu opsi di layar dan tekan Lanjutkan.

6. Kamu akan menerima kode akses 12 digit untuk memverifikasi identitas kamu. Simpan kode ini dengan aman karena jika kamu berubah pikiran sebelum Apple memproses permintaan, kamu dapat menghubungi Dukungan Apple dan memberikannya untuk membatalkan penghapusan akun. Sekarang, klik Lanjutkan.

7. Terakhir, tekan tombol merah Hapus akun tombol lalu pilih Keluar.

Diperlukan waktu hingga satu minggu bagi Apple untuk menghapus akun Apple kamu secara permanen. Selama waktu ini, akun kamu akan tetap aktif. Namun, aplikasi Apple yang menggunakan data iCloud kamu mungkin tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, pastikan kamu keluar dari semua perangkat Apple.

 

Advertisement


(brl/red)