Cara menginstal driver VGA ASPEED Windows 11 untuk tampilan video yang lebih baik

Advertisement

Techno.id - Jika merasa tampilan video di komputer kamu kurang memuaskan karena resolusinya rendah, mungkin masalahnya ada pada driver Graphics Processing Unit (GPU). Solusinya, kamu mungkin bisa menginstal ASPEED BMC (Baseboard Management Controller) untuk video. BMC ASPEED biasanya digunakan di server dan workstation dengan menyediakan kemampuan manajemen out-of-band. 

Software ini juga menawarkan GPU berdaya rendah, biasanya melalui tautan PCIe x1, yang mendukung VGA, kvm, dan fitur server lainnya. Terkadang, kamu menyiapkan sistem dengan BMC dan menginstal Windows, tetapi output video terlihat memiliki resolusi rendah yang tidak berfungsi dengan beberapa aplikasi, situs web, dan pengaturan.

Karena itu kamu bisa mendapatkan hasil resolusi lebih tinggi dengan menggunakan driver VGA ASPEED untuk Windows 11. Begini cara menginstalnya.  

Cara menginstal driver VGA ASPEED Windows 11

foto: aspeedtech

Setelah penginstalan awal Windows, GPU ASPEED diambil driver Microsoft Basic Display Adapter. Di sini, kamu dapat melihat bahwa hanya resolusi 1024×768 atau 800×600 yang tersedia.

1. Unduh driver grafis ASPEED. Ada versi Windows, Linux, FreeBSD, dan Solaris. Kamu dapat menemukannya baik dari server atau pembuat motherboard atau langsung dari web ASPEED (aspeedtech.com/support_driver/).

2. Dengan mengunduh dan mengekstrak driver tersebut, kamu akan mendapatkan sejumlah opsi. Bahkan sekarang ada versi Windows 11 on Arm (WIN11_ARM) tetapi sebagian besar versinya untuk x86.

3. Kamu dapat menginstal driver dari masing-masing folder tersebut, atau masuk ke Penginstal WDDM (Windows Display Driver Model) yang telah ada sejak Windows Vista atau Windows 8. Penginstal memiliki Panduan Penyiapan yang selalu diperbarui dengan versi Windows dan Windows Server. Jika kamu menjalankan Windows 11 maka gunakan Win11_23H2. Jika menjalankan Windows Server 2022, maka gunakan Win2022 dan seterusnya.

4. Setelah menginstal, kamu dapat langsung melihat peningkatan opsi keluaran tampilan karena sekarang kamu memiliki 1920×1080 yang tersedia.

Advertisement


(brl/red)