8 Cara mengoptimalkan PC Windows 10 dan 11 untuk bermain game

Advertisement

Techno.id - Bermain game mobile mungkin mengasyikkan. Tetapi jika kamu ingin pengalaman gaming, tentu bermain di PC jauh lebih seru. Menariknya, kamu tidak perlu menggunakan laptop gaming untuk mendapatkan pengalaman seru tersebut. Ada banyak cara untuk membuat sistem Windows  kamu lebih berkinerja untuk bermain game. Berikut beberapa cara sederhana untuk meningkatkan kinerja PC.

1. Aktifkan mode game

foto: tangkapan layar

Game Mode telah tersedia sejak Windows 10 dan dibawa ke Windows 11. Menurut Microsoft, memasuki Game Mode meningkatkan frame rate dan membuat pengalaman bermain game yang lebih konsisten. Ini dilakukan dengan memprioritaskan utas pemrosesan dari game, memberikannya jalur cepat ke GPU dan CPU.

PC Windows 10 dan 11 hadir dengan Game Mode yang diaktifkan secara default. Namun, kamu mungkin telah mematikan secara tidak sengaja jika mengubah pengaturan. Begini cara mengaktifkan (atau menonaktifkan) Mode Game di Windows.

1. Klik kanan pada tombol Start.

2. Pilih Pengaturan.

3. Temukan Game di panel kiri.

4. Aktifkan atau nonaktifkan Mode Game.

2. Nonaktifkan integritas memori Windows 11

foto: tangkapan layar

Windows 11 hadir dengan isolasi inti yang diaktifkan secara default, dan integritas memori adalah bagian dari rangkaian tindakan keamanan tersebut. Di masa lalu, integritas memori memang menghadirkan beberapa masalah bagi pengguna.

Menurut Microsoft, integritas memori memastikan bahwa jika PC kamu terinfeksi, perangkat lunak berbahaya tidak akan dapat mengakses proses keamanan tinggi. Sayangnya, ini dapat menyebabkan masalah kinerja pada mesin. Begini cara menghapus integritas memori dari perangkat.

1. Tekan tombol Start.

2. Cari Isolasi Inti.

3. Pilih dan matikan “Isolasi Memori” di jendela yang muncul.

Meskipun Isolasi Memori tidak menyebabkan banyak masalah dengan game lagi, mematikannya hanya sedikit meningkatkan kinerja perangkat.

3. Menonaktifkan Platform Mesin Virtual (VMP)

foto: tangkapan layar

Salah satu dari pengaturan diaktifkan secara default adalah Virtual Machine Platform (VMP). Virtualisasi memungkinkan untuk emulasi sistem operasi lain seperti Android dan Linux. Kelemahan dari fleksibilitas ini adalah dapat memperlambat pengalaman bermain game. Begini cara mengaktifkan atau menonaktifkan VMP.

1. Tekan tombol Start dan cari Fitur Opsional.

2. Gulir ke bawah ke “Fitur Windows Lainnya.”

3. Gulir ke bawah hingga kamu menemukan Platform Mesin Virtual dan sesuaikan pengaturan seperlunya.

Dampak VMP pada game bervariasi, tetapi ini adalah cara sederhana untuk memeras lebih banyak dari sistem Windows untuk bermain game.

4. Optimalkan pengaturan daya

foto: tangkapan layar

Pengaturan daya telah menjadi bagian inti dari Windows sejak XP. Namun, sebagian besar sistem Windows 10 dan 11 hadir dengan daya yang disetel ke “Seimbang” (Balanced) secara default. Untuk mendapatkan kinerja terbaik dari sistem Windows, disarankan untuk mengatur pengaturan daya ke “Kinerja Terbaik.” Inilah cara melakukannya.

1. Tekan tombol Start dan cari Power, Sleep dan Battery Settings.

2. Ubah Mode Daya ke “Performa Terbaik.”

Advertisement


(brl/red)