Cara mengubah font default di Google Documents agar tampilan tidak membosankan

Advertisement

Techno.id - Jika kamu menghabiskan banyak waktu di Google Documents, font default bisa mulai terasa agak membosankan. Hari demi hari, kamu disambut halaman kosong yang sama dengan bentuk font Arial. 

Nah untuk menghilangkan rasa bosan melihat bentuk font yang itu-itu saja, kamu dapat menggantinya. Kamu bisa menggunakan font yang mencerminkan gaya pribadi kamu, menetapkan nada tertentu, atau sesuai dengan branding perusahaan.

Google Documents memudahkan untuk mengubah semuanya. Kamu bahkan dapat menyesuaikan ukuran dan format judul untuk tampilan yang lebih halus, dan mengatur font pilihan sebagai default permanen, sehingga kamu tidak perlu menyesuaikannya setiap kali memulai dokumen baru. Berikut trik Google Docs untuk mengatur font default dan membuat setiap dokumen baru terasa unik sejak awal.

Cara mengubah font default secara permanen di Google Documents

foto: tangkapan layar

Buka dokumen Google Docs baru dan ketik beberapa teks, yang akan default ke Arial. Sorot teks (pintasan keyboard Ctrl + A akan berguna di sini) dan sesuaikan—pilih font baru, sesuaikan ukuran, ubah warna, atau terapkan gaya tebal, miring, atau garis bawah dari bilah alat.

Setelah puas dengan tampilan teks, buka menu Gaya yang bertuliskan “Teks normal” di bilah alat, arahkan kursor ke atasnya, dan pilih “Perbarui ‘Teks normal’ agar cocok.” Cara ini akan menerapkan perubahan ke dokumen saat ini.

Untuk membuat penyesuaian ini sebagai default untuk semua dokumen mendatang, kembali ke menu Gaya, klik “Opsi” di bagian bawah, dan pilih “Simpan sebagai gaya default saya.” Konfirmasikan pilihan kamu, dan pengaturan baru kamu akan berlaku untuk dokumen mendatang. Namun, perlu diingat bahwa yang sudah ada tidak akan berubah.

Proses serupa juga dilakukan untuk menyesuaikan judul. Ketik beberapa teks, lalu terapkan dan format gaya judul yang kamu inginkan. Kemudian, kembali ke menu Gaya, pilih judul yang disesuaikan, dan pilih “Perbarui judul [X] agar cocok.” 

Ulangi proses ini untuk setiap jenis judul yang ingin kamu sesuaikan. Jika ingin kembali ke pengaturan asli, buka menu Gaya > Opsi > Atur ulang gaya. Kamu juga bisa mengubah font default di program Microsoft 365 jika menggunakannya.

Advertisement


(brl/red)