Cara mengunci aplikasi di HP Android

Advertisement

Techno.id - Smartphone Android saat ini menyimpan banyak sekali informasi pribadi pengguna. Kecanggihan smartphone memungkinkan berbagai kebutuhan manusia bisa diakses hanya lewat genggaman tangan mulai dari informasi ringan seperti foto-foto pribadi sampai informasi sensitif seperti informasi bank, semuanya tersimpan dengan rapi di dalam sistem Android. 

Dewasa ini, melindungi isi HP merupakan tindakan wajib. Salah satunya adalah dengan mengunci aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel. Hal ini dapat menjadi tindakan preventif untuk melindungi berbagai data jika sewaktu-waktu HP jatuh di tangan yang salah.

foto: googleplaystore

Pada sebagian HP Android, terdapat sistem kunci aplikasi bawaan yang dapat digunakan, contohnya seperti pada HP merk Redmi, Xiaomi, dan sebagian tipe Samsung. Cobalah untuk menelusuri pengaturan>password & keamanan>kunci aplikasi, lalu pilih aplikasi yang ingin dikunci.

Namun ada beberapa merk HP Android yang tidak menyediakan sistem ini sehingga alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama App lock. Berikut techno.id sajikan bagaimana menggunakan aplikasi App lock.

1. Download dan install aplikasi App Lock di Play Store.

2. Atur terlebih dahulu Master PIN yang kamu inginkan.

foto: app lock

3. Lalu pilih aplikasi apa saja yang ingin dikunci.

4. Selain mengunci aplikasi dengan password atau sidik jari, App Lock juga menyediakan fitur “fake” yang berfungsi untuk memalsukan terkuncinya aplikasi. Sehingga aplikasi tersebut dapat dibuka dengan password kalau kamu menekan lama pada tombol ok.

Magang : Millenia Ramadita

 

Advertisement


(brl/red)