Cara mengunci file PDF dengan password di Google Drive

Advertisement

Techno.id - Google Drive adalah salah satu penyimpanan Cloud populer yang sering digunakan untuk penyimpanan dan sinkronisasi. Google drive sudah dirilis sejak tahun 2012 lalu dan masih dapat digunakan secara gratis sampai saat ini. Meskipun gratis, Google dinilai totalitas dalam menyediakan layanan penyimpanan Google Drive kepada seluruh pengguna.

Dengan menggunakan Gdrive, kamu sudah dapat menyimpan file sampai 15 GB dengan format file yang tidak terbatas, mulai dari Docs, video, audio, dan file PDF. Nah, kalau kamu ingin menyimpan file PDF di Google Drive yang dilindungi password, kamu harus simak artikel ini sampai habis.

Meskipun tidak ada layanan di Gdrive yang dapat langsung memproteksi PDF dengan password, techno.id sudah merangkum cara mengunci file PDF dengan password yang bisa dijadikan jalan alternatif, Selasa (24/4). Yuk simak penjelasannya di bawah ini.



Cara mengunci file PDF dengan password di Google Drive

1. Buka Google Drive di browser dan masuk di akun Gdrive.

foto: google.drive.com

2. Lalu klik ikon tanda tambah (add-on) seperti di bawah ini.

foto: google.drive.com

3. Setelah itu cari PDF toolbox di kotak pencarian.

foto: google.drive.com

4. Instal PDF Toolbox dan izinkan semua perizinan.

foto: google.drive.com

5. Masuk ke PDF Toolbox dengan akun yang gmail dan izinkan akses PDF Toolbox.

foto: google.drive.com

6. Setelah selesai diinstall, ikon PDF Toolbar akan tersemat di sidebar Gdrive.

foto: google.drive.com

7. Klik file PDF yang ingin diproteksi dengan password lalu klik ikon PDF Toolbar dan klik authorize, izinkan PDF Toolbar untuk mengakses file.

foto: google.drive.com

8. Klik Encrypt PDF.

foto: google.drive.com

9. Ketik password sesuai dengan yang diinginkan, lalu klik encrypt.

foto: google.drive.com

10. File PDF sudah dienkripsi dengan aman.

foto: google.drive.com

Magang: Millenia Ramadita

Advertisement


(brl/guf)