Cara mengunci profil Facebook di ponsel dan desktop, agar akun kamu tetap pribadi   

Advertisement

Techno.id - Salah satu cara untuk membatasi akses orang ke profil Facebook kamu adalah dengan mengunci profil. Melakukan hal ini akan sangat membatasi apa yang terlihat oleh publik di profil kamu. 

Saat kamu mengunci profil, hanya teman Facebook yang dapat melihat konten di linimasa kamu. Versi ukuran penuh dari gambar profil dan foto sampul kamu juga hanya dapat dilihat teman. Setiap postingan yang telah kamu bagikan dengan pengaturan “Publik” akan berubah menjadi “Teman”.

Facebook hanya akan menampilkan bagian tertentu dari bagian Tentang Info di profil kamu. Cerita kamu hanya akan terlihat oleh teman. Fitur seperti peninjauan profil dan peninjauan tag akan diaktifkan. Setiap postingan baru yang kamu buat hanya akan dibagikan dengan teman. Namun, perlu diingat bahwa mengunci profil tidak mengubah cara orang menemukan kamu di Facebook.

Kunci profil Facebook di desktop

foto: tangkapan layar

Jika menggunakan komputer Windows, Mac, Linux, atau Chromebook, gunakan situs web Facebook untuk mengunci profil. Begini cara melakukannya.

1. Buka browser web di komputer dan luncurkan situs Facebook. Masuk ke akun kamu di situs.

2. Di pojok kanan atas Facebook, klik foto profil, lalu klik nama kamu.

3. Pada halaman profil, di baris tab di bawah nama, klik tiga titik (yang berada di paling kanan daftar tab).

4. Dari menu yang muncul, pilih “Kunci Profil”.

5. Kamu akan melihat jendela “Kunci Profil Anda”. Di sini, klik “Kunci Profil Anda.”

6. Profil Facebook kamu sekarang terkunci. Tutup jendela profil kunci dengan mengklik “OK.”

Hanya bagian tertentu dari profil kamu yang sekarang dapat dilihat oleh publik. Jika ingin membuka kunci profil, klik menu tiga titik > Buka Kunci Profil > Buka Kunci > Buka Kunci Profil Anda.

Kunci profil Facebook di ponsel

foto: tangkapan layar

Jika menggunakan iPhone, iPad, atau ponsel Android, mulailah dengan meluncurkan aplikasi Facebook di ponsel.

1. Di aplikasi, ketuk tiga garis horizontal. Jika menggunakan iPhone atau iPad, kamu akan melihat garis-garis ini di sudut kanan bawah aplikasi. Jika menggunakan Android, garis-garis ini ada di pojok kanan atas. Pada layar “Menu” yang terbuka, ketuk profil kamu di bagian atas.

2. Di halaman profil, di bawah nama kamu, ketuk tiga titik. Kamu akan melihat halaman “Pengaturan Profil”. Di sini, ketuk “Kunci Profil.”

3. Pada layar “Kunci Profil Kamu”, ketuk “Kunci Profil Kamu”. Facebook akan menampilkan pesan sukses.

4. Kamu telah berhasil mengunci profil dari non-teman di Facebook.

Untuk membuka kunci profil, cukup ketuk “Buka Kunci Profil” di mana kamu mengetuk “Kunci Profil” pada langkah-langkah di atas dan pilih Buka Kunci > Buka Kunci Profil Kamu.

Begitulah cara kamu memastikan orang-orang yang bukan teman di Facebook hanya melihat informasi terbatas tentang kamu. Cara ini untuk membuat akun Facebook kamu tetap pribadi.  

Advertisement


(brl/red)