Cara menonaktifkan iklan di ponsel Samsung agar tidak mengganggu kenyamanan

Advertisement

Techno.id - Samsung Galaxy adalah salah satu perangkat Android terbaik di pasaran. Namun keberadaan aplikasi dan layanan pra-instal yang menampilkan iklan terkadang mengganggu. 

Masalah ini tidak terbatas pada model entry level, tetapi juga pada model flagship seperti Fold dan S24 Ultra, juga menampilkan iklan. Meskipun beberapa iklan ini dimaksudkan untuk menyediakan konten dan penawaran yang dipersonalisasi, sebagian besar pengguna sering menganggapnya mengganggu.

Karena sebagian besar iklan ini biasanya muncul di layar kunci dan panel notifikasi, tak heran jika iklan tersebut sulit diabaikan. Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk menghentikan iklan yang mengganggu ini agar tidak muncul. Berikut beberapa langkah yang diperlukan untuk menghilangkan iklan di ponsel Samsung Galaxy.

Menonaktifkan notifikasi berita dan penawaran khusus

foto: tangkapan layar

Berita dan peringatan penawaran khusus biasanya merupakan iklan yang ditampilkan Samsung di ponsel untuk mempromosikan produk dan layanannya. Iklan ini dapat muncul dalam berbagai bentuk, seperti pemberitahuan push, email, atau pesan teks.

Selain itu, kamu harus menonaktifkan opsi “tingkatkan iklan yang dipersonalisasi”, yang memungkinkan Samsung menggunakan data lokasi yang menyesuaikan iklan untuk kamu. Dengan menonaktifkan fitur ini, kamu dapat mencegah informasi lokasi kamu digunakan untuk iklan yang ditargetkan.

Saat menyiapkan ponsel, kamu mungkin secara tidak sengaja menerima iklan dan program pemasaran Samsung yang disesuaikan. Untungnya, cukup mudah untuk mematikan peringatan ini jika kamu menganggapnya mengganggu. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

1. Buka aplikasi Pengaturan dan ketuk akun Samsung kamu di bagian atas.

2. Ketuk “Keamanan dan privasi.”

3. Matikan sakelar di sebelah “Dapatkan berita dan penawaran khusus” lalu pilih “Berhenti” untuk melanjutkan.

4. Nonaktifkan sakelar di sebelah opsi “Tingkatkan iklan yang dipersonalisasi” dan pilih “Nonaktifkan” untuk mengonfirmasi.

Nonaktifkan layanan wallpaper Samsung

foto: tangkapan layar

Layanan wallpaper Samsung sering menyertakan wallpaper dinamis yang diperbarui secara berkala dan dapat menampilkan iklan sebagai bagian dari konten. Ini sangat umum pada ponsel Samsung entry level dan kelas menengah, seperti seri A, F, dan M, dan biasanya tidak ditemukan pada model flagship seperti seri S24 dan Seri Z ponsel lipat.

Layanan wallpaper layar kunci seperti Glance sering menampilkan iklan dan mempromosikan aplikasi dan game langsung di layar kunci. Kabar baiknya, kamu dapat menonaktifkannya untuk memastikan pengalaman layar kunci kamu tidak dipenuhi iklan. Inilah yang perlu kamu lakukan.

1. Buka aplikasi Pengaturan dan gulir ke bawah untuk mengetuk “Wallpaper dan gaya”.

2. Ketuk “Ubah wallpaper” lalu gulir ke bawah untuk memilih “Layanan wallpaper”.

3. Pilih opsi “Tidak Ada” untuk menonaktifkan layanan wallpaper.

Setelah membuat perubahan, layar kunci ponsel Samsung akan menampilkan wallpaper statis dan kamu tidak akan terganggu iklan apa pun.

Nonaktifkan pemberitahuan untuk aplikasi Samsung

foto: tangkapan layar

Selain iklan layar kunci, Samsung juga mengirimkan iklan melalui pemberitahuan push. Pemberitahuan ini dapat mencakup promosi untuk produk Samsung baru, penawaran merek melalui Samsung Pay, atau pesan pemasaran lainnya.

Meskipun beberapa pemberitahuan mungkin menawarkan informasi yang bermanfaat, pemberitahuan tersebut juga dapat mengganggu. Untuk meminimalkan gangguan ini, kamu dapat menyesuaikan pengaturan untuk aplikasi Samsung tertentu. Misalnya menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi seperti Samsung Push Service, Galaxy Themes, dan Samsung Wallet dapat secara signifikan mengurangi konten promosi yang kamu terima. Berikut cara melakukannya.

1. Buka aplikasi “Pengaturan” dan gulir ke bawah untuk mengetuk “Pemberitahuan”.

2. Buka “Notifikasi aplikasi”.

3. Gulir daftar dan matikan sakelar di sebelah Samsung Push Service, Galaxy Themes, dan Samsung Wallet.

Demikian pula, aplikasi Galaxy Store mengirimkan pemberitahuan tentang promosi aplikasi dan game. Meskipun kamu tidak dapat menonaktifkan pemberitahuan Galaxy Store sepenuhnya di One UI, kamu dapat menonaktifkan konten promosi dengan mengonfigurasi kategori pemberitahuan untuk aplikasi Galaxy Store. Begini caranya.

1. Buka aplikasi Galaxy Store dan ketuk menu (ikon hamburger) di pojok kanan bawah.

2. Ketuk ikon roda gigi di pojok kanan atas.

3. Di bawah “Umum”, ketuk “Pemberitahuan” dan pilih “Kategori pemberitahuan”.

4. Nonaktifkan semua kategori notifikasi kecuali “Update penting”.

Cara ini akan mencegah iklan yang mengganggu muncul di panel notifikasi ponsel Samsung, memberi kamu pengalaman yang lebih efisien.

Advertisement


(brl/red)