Cara menulis surat lamaran kerja menggunakan ChatGPT
Cara menulis surat lamaran kerja dengan ChatGPT
5. Mengoreksi dan meninjau surat lamaran yang telah dibuat
-
ChatGPT dari OpenAI tengah ramai di medsos, simak penjelasan dan cara menggunakannya OpenAI membuat fitur ChatGPT agar memberikan gaya penulisan layaknya manusia secara natural.
-
Cara mengatur instruksi khusus di ChatGPT, bisa memberikan informasi seperti yang kamu inginkan Kamu dapat mengatur instruksi khusus untuk menyesuaikan cara ChatGPT menyajikan informasi
-
Macam-macam surat lamaran kerja berdasarkan jenis pembuatannya Surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang digunakan oleh pencari kerja untuk memperkenalkan diri kepada calon pemberi kerja.
Setelah AI menghasilkan bagian-bagian surat lamaran yang berbeda, kamu dapat menggabungkannya dan membacanya untuk melihat apakah hasilnya cukup masuk akal.
Gunakan konten yang dihasilkan ChatGPT sebagai dasar surat lamaran. Kamu dapat menambahkan elemen dengan sentuhan pribadi pada surat lamaran, memberikan gambaran kepada pembaca tentang kepribadian kamu.
Konten yang dihasilkan ChatGPT dapat membantu kamu membuat surat lamaran yang berfokus pada apa yang dicari oleh perusahaan yang kamu tuju.
Hasil rekomendasi ChatGPT untuk “Cara menulis surat lamaran kerja”
Berikut adalah langkah-langkah umum dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang baik berdasarkan rekomendasi ChatGPT.
Penyusunan informasi pribadi
Tuliskan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email Anda di bagian atas surat. Jika kamu memiliki informasi kontak tambahan, seperti akun LinkedIn atau situs web pribadi yang relevan, kamu juga bisa menyertakannya.
Tanggal dan alamat tujuan
Di sebelah kanan bawah, tuliskan tanggal surat lamaran kamu. Kemudian, tuliskan alamat perusahaan yang kamu lamar di sebelah kiri atas. Pastikan alamat ini lengkap dan benar.
Salutation (salam pembuka)
Gunakan salam pembuka yang sopan, seperti ‘Bapak/Ibu’ atau ‘Hormat Kami.’
Paragraf Pembuka (Pengantar)
Jelaskan tujuan kamu menulis surat lamaran ini. Tunjukkan bagaimana kamu mengetahui tentang lowongan pekerjaan tersebut, misalnya, dari mana kamu mendapat informasi tentang posisi tersebut.
Paragraf Utama (Pengalaman dan Kualifikasi)
Jelaskan mengapa kamu adalah kandidat yang cocok untuk posisi tersebut. Rinci pengalaman, keterampilan, dan pencapaian kamu yang relevan.
Paragraf Penutup (Kesimpulan)
Sampaikan minat kamu untuk mengikuti proses seleksi lebih lanjut. Ungkapkan rasa terima kasih atas perhatian mereka terhadap lamaran kamu.
Tanda Tangan dan Nama
Di bawah paragraf penutup, letakkan tanda tangan fisik kamu jika kamu mengirimkan lamaran dalam bentuk fisik. Di bawah tanda tangan, tuliskan lagi nama kamu. Lampiran (Jika Diperlukan):
Jika ada dokumen tambahan yang harus disertakan, seperti CV atau portofolio, sebutkan dalam surat dan lampirkan dokumen-dokumen tersebut.
Penutup
Gunakan salam penutup yang sopan, seperti ‘Hormat Kami’ atau ‘Terima Kasih.’ Pastikan untuk menandatangani surat jika kamu mengirimkannya dalam bentuk fisik.
Pengiriman
Kirim surat lamaran kamu melalui email jika lowongan diterima melalui email. Jika melalui pos, pastikan alamat yang dituju benar.
Periksa dan Edit
Pastikan surat lamaran kamu bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan. Kamu dapat meminta bantuan dari teman atau profesional untuk mengeditnya.
Kustomisasi
Sesuaikan surat lamaran kamu untuk setiap posisi yang kamu lamar. Jangan gunakan salinan yang sama untuk semua lamaran.
BACA JUGA :
- Begini cara mengakses GPT-4 yang baru diluncurkan di ChatGPT
- OpenAI luncurkan ChatGPT Enterprise dengan privasi dan keamanan tingkat tinggi, khusus untuk bisnis
- 7 Rekomendasi alat bantu AI gratis, mengerjakan tugas jadi gampang dan bisa untuk membuat konten
- Cara menghapus riwayat obrolan dan semua data kamu dari ChatGPT
- OpenAI bakal hadirkan enam fitur baru ChatGPT, dua fitur eksklusif khusus untuk pelanggan plus
(brl/red)