Cara mudah memindahkan sistem Windows ke eksternal drive

Advertisement

Techno.id - Apakah kamu ingin meningkatkan HDD ke SSD atau memasang drive berkapasitas lebih besar? Namun sebelum melakukannya, ada beberapa penting untuk dipertimbangkan. 

Kloning disk adalah proses memindahkan instalasi Windows yang ada ke drive lain. Dengan kloning disk, kamu memilih drive sumber (drive sistem saat ini) dan drive tujuan (drive baru) dan kemudian mengkonfigurasi drive boot. Setelah selesai melakukannya, kamu akan boot dari drive baru dalam waktu singkat.

Untuk memindahkan Windows ke drive lain, kamu memerlukan perangkat lunak migrasi. Kamu memiliki dua opsi untuk ini. Pertama, dapat menggunakan alat migrasi data khusus produsen seperti Samsung Magician Software atau Acronis True Image for Crucial SSD. Kamu juga dapat memeriksa apakah produsen PC kamu menawarkan solusi kloning. 

Jika tidak menemukan alat migrasi pihak pertama, kamu dapat menggunakan Macrium Reflect. Ini adalah utilitas pihak ketiga premium untuk membuat gambar disk, kloning, dan cadangan PC. Perangkat lunak kloning disk lainnya termasuk Acronis, EaseUS Disk Copy, CloneZilla, dan DiskGenius. Namun, Macrium Reflect mendapat keunggulan karena kemudahan penggunaan dan desainnya yang ramah pengguna.

Sebelum mulai, penting untuk menginstal drive SSD/HDD baru di laptop atau PC dan memastikannya terdeteksi di utilitas Manajemen Disk. Kamu mungkin juga perlu menginisialisasi SSD sebelum dapat menggunakannya. Jika mencoba mengganti HDD dengan SSD SATA, kamu memerlukan kabel SATA-ke-USB untuk mengkloning disk sebelum menukar drive. Berikut adalah cara termudah untuk memindahkan instalasi sistem operasi Windows yang ada dan semua data ke drive lain.

Cara memindahkan Windows ke drive lain menggunakan Macrium Reflect

foto: freepik

Macrium Reflect adalah alat pencadangan dan kloning penyimpanan premium untuk Windows. Buka situs web Macrium Reflect dan unduh alat versi Home. Kamu dapat membeli lisensi atau memilih uji coba gratis.

Setelah memasukkan detail, kamu akan menerima tautan unduhan di email. Gunakan tautan ini untuk mengunduh penginstal dan menjalankannya di computer kamu. Ikuti petunjuk di layar untuk menginstal aplikasi.

Untuk mencegah masalah apa pun, pastikan drive baru memiliki ruang yang sama atau lebih banyak daripada drive saat ini atau kloning disk tidak akan berfungsi. Ini akan menghapus semua data di drive tujuan, jadi jangan lupa untuk mencadangkan sesuatu yang penting. Setelah selesai, ikuti langkah-langkah ini untuk memindahkan Windows ke drive lain.

1. Luncurkan Macrium Reflect untuk memulai proses kloning. Di tab Disk Lokal, cari dan pilih drive instalasi Windows kamu. Kemudian klik Mengkloning disk ini pilihan.

foto: makeuseof/tashreef shareef

2. Dialog Kloning baru akan terbuka, menunjukkan drive instalasi Windows yang dipilih sebagai sumber. Pastikan semua partisi drive sumber dipilih dengan tanda centang.

foto: makeuseof/tashreef shareef

3. Sekarang, kamu perlu memilih drive tujuan (baru) tempat file Windows akan dipindahkan. Klik Pilih disk untuk dikloning dan pilih drive tujuan kamu dari daftar.


 foto: makeuseof/tashreef shareef

4. Kemudian klik Hapus Disk pilihan untuk menghapus semua data dari drive tujuan.

5. Untuk memindahkan instalasi, pilih Salin partisi yang dipilih ketika mengklik opsi 'Next' di sudut kanan bawah. Kemudian klik Berikutnya untuk melanjutkan.

6. Jika kamu mendapatkan kesalahan “terlalu banyak partisi primer, tidak ada yang disalin”, lalu klik opsi Salin Partisi dan pilih Kecilkan atau perluas untuk mengisi disk target pilihan. Klik Berikutnya untuk melanjutkan.

foto: makeuseof/tashreef shareef

7. Di layar berikutnya, kamu dapat menjadwalkan klon. Untuk segera mengkloning, klik Berikutnya. Baca ringkasan kloning drive, lalu klik Selesai.

foto: makeuseof/tashreef shareef

8. Di menu pop-up, pilih kotak Jalankan cadangan ini sekarang dan Simpan sebagai file definisi cadangan . Setujui peringatan apa pun dan klik OK.

foto: makeuseof/tashreef shareef

9. Tergantung pada ukuran disk kamu, proses ini mungkin memerlukan beberapa waktu untuk menyelesaikan. Setelah kloning selesai, kedua drive akan terlihat sama di Macrium Reflect.

Advertisement


(brl/red)