Cara mudah memindahkan sistem Windows ke eksternal drive

Advertisement

Cara memindahkan sistem Windows ke eksternal hardisk

Mengatur drive baru sebagai drive boot

foto: freepik/rawpixel.com

Untuk boot dari drive yang baru dikloning, kamu mungkin perlu mengganti drive SATA yang ada dengannya, kecuali saat memindahkan Windows dari SATA ke SSD M.2. Terlepas dari itu, kamu harus mengatur drive baru sebagai drive boot utama di pengaturan BIOS atau UEFI.

Kamu dapat masuk ke BIOS pada Windows 10 dan 11 dengan menekan tombol F10 selama restart. Namun, hotkey dapat bervariasi tergantung pada produsen. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan tombol Esc untuk mengakses menu start dan melanjutkan dari sana.

1. Matikan komputer. Kemudian tekan tombol daya untuk menyalakannya dan tekan tombol Esc berulang kali untuk melihat menu Startup. Di menu startup, tekan tombol yang sesuai untuk masuk ke utilitas BIOS atau UEFI. Dalam hal ini, F10 untuk laptop HP. Setelah berada di utilitas BIOS, buka Opsi Boot.

2. Sekali lagi, mungkin ada beberapa perbedaan tergantung pada pabrikan.

3. Gunakan tombol panah untuk menyorot Manajer Boot OS, lalu tekan Enter untuk memilihnya. Dalam dialog OS Boot Manager, pilih drive yang baru dikloning dan tekan F10 untuk menyimpannya sebagai boot drive.

4. Terakhir, navigasikan ke tab Keluar dan pilih Simpan Perubahan dan Keluar. Jika berhasil, komputer akan restart dan boot dari drive baru.

Kloning disk adalah cara termudah untuk memindahkan Windows 10 atau 11 ke drive lain. Dalam kasus yang jarang terjadi, kamu  mungkin mengalami masalah aktivasi Windows, tetapi akan teratasi dengan sendirinya dalam waktu 24 jam. Namun, ingat bahwa menginstal drive kloning pada komputer yang berbeda dan boot darinya tidak akan mengaktifkan Windows, karena lisensi digital terkait dengan motherboard sistem kamu.

Jika kamu berencana menginstal hard disk kloning di komputer lain atau perangkat keras baru, pastikan untuk menautkan kunci produk Windows ke Akun Microsoft terlebih dahulu. Kamu kemudian dapat masuk ke Windows dengan akun Microsoft, dan secara otomatis akan mengaktifkan lisensi.

Advertisement


(brl/red)