Cara mudah menghapus dan memulihkan aplikasi di Chromebook

Advertisement

Techno.id - Chromebook terkenal karena mendukung aplikasi web, tetapi kamu juga dapat menginstal situs web, aplikasi Android, bahkan program Linux pada model terbaru. Namun terkadang, kamu harus menghapus aplikasi.  Untungnya, mencopot pemasangan aplikasi Chromebook dan memulihkannya cukup mudah. Begini caranya.

1. Menemukan aplikasi yang ingin dihapus

foto: google

Karena Chromebook memiliki ruang penyimpanan yang terbatas, kamu mungkin ingin mengosongkannya di beberapa titik. Salah satu caranya adalah dengan menghapus file yang tidak diperlukan. Kamu juga dapat menghapus aplikasi yang tidak digunakan.

Sangat mudah untuk menemukan aplikasi yang ingin kamu hapus di Chromebook. Cukup buka Peluncur di sudut kiri bawah layar. Kamu juga dapat menekan tombol Pencarian (yang terlihat seperti kaca pembesar) untuk membuka Peluncur.

Jika kamu memiliki aplikasi Linux, semuanya akan diatur di bagiannya masing-masing. Kamu dapat menggulir aplikasi untuk menemukan yang ingin dihapus.

2. Menghapus aplikasi

foto: google

Setelah melakukannya, kamu dapat mengklik kanan (atau menggunakan kedua jari pada trackpad) untuk membuka menu konteks. Klik “Copot pemasangan” untuk menghapusnya.

Metode ini juga akan berfungsi pada aplikasi Android dan Linux, jika kamu telah menginstal lingkungan pengembangan Linux. Kamu juga dapat menghapusnya dengan metode Google Play Store dan utilitas APT Debian.

3. Mendapatkan kembali aplikasi Chromebook

foto: google

Jika memutuskan ingin menyimpan aplikasi yang baru saja dihapus, kamu harus menginstalnya kembali. Untuk aplikasi web, kamu dapat menavigasi ke situs web dan mengeklik ikon “instal” di bagian kanan bilah URL. Kamu dapat menemukan aplikasi Android di Google Play store.

Untuk aplikasi Linux, kamu harus mencari repositori paket Debian. Kamu dapat menggunakan fungsi pencarian APT pada baris perintah dengan menuliskan apt cari app_name.

Kamu juga dapat menggunakan situs web paket Debian yang dapat dicari. Ini berguna untuk menjelajah karena diatur berdasarkan jenis aplikasi.

Advertisement


(brl/red)