Cara mudah menghubungkan pengontrol Xbox ke PC, pakai nirkabel biar nggak ribet

Advertisement

Techno.id - Bermain game Xbox memang sangat mengasyikkan. Apalagi jika kamu mendapatkan game baru. Terlebih jika bermain menggunakan PC, dijamin makin seru. Kamu dapat menyambungkan pengontrol Xbox apa pun ke PC Windows, termasuk pengontrol nirkabel Xbox terbaru dan jajaran Elite premium. Kamu dapat memilih antara koneksi nirkabel dan koneksi kabel menggunakan kabel USB, tergantung pada pengaturan kamu. Begini caranya.

Cara menghubungkan pengontrol Xbox ke PC menggunakan kabel USB

foto: xbox

Cara paling sederhana untuk menggunakan pengontrol Xbox dengan PC adalah menghubungkannya menggunakan kabel USB. Jenis kabel yang digunakan tergantung pada pengontrol yang kamu miliki.

Pengontrol Nirkabel Xbox terbaru dan Elite 2 terhubung melalui kabel USB Type-C, dan Xbox One generasi sebelumnya dan Elite Versi 1 menggunakan Micro-USB.

Untuk menyambungkan pengontrol, cukup colokkan salah satu ujung kabel ke pengontrol dan ujung lainnya ke port USB PC. Setelah terhubung melalui USB, tombol Xbox akan tetap menyala di pengontrol, menandakan bahwa pengontrol sudah siap digunakan.

Dalam kebanyakan kasus, pengontrol akan berfungsi tanpa pengaturan tambahan apa pun, tetapi jika itu tidak terjadi, kamu mungkin perlu memperbarui firmware pengontrol. Setelah selesai, lanjutkan dan jalankan game apa pun dengan dukungan pengontrol dan bersenang-senanglah.

Cara menghubungkan pengontrol nirkabel Xbox ke PC melalui Bluetooth

foto: xbox

Jika kamu lebih suka menghindari ribetnya kabel, maka dapat menghubungkannya ke PC menggunakan Bluetooth. Jika PC kamu tidak memiliki Bluetooth internal, disarankan membeli Dongle Bluetooth USB yang murah. Alat ini berfungsi dengan baik seperti Bluetooth onboard dan tidak menimbulkan kelambatan input yang nyata. Begini caranya.  

1. Untuk menghubungkan pengontrol, buka menu Mulai dan klik ikon roda gigi untuk membuka Pengaturan.

2. Di Pengaturan, klik “Perangkat.”

3. Di Perangkat, pastikan kamu berada di halaman “Bluetooth & Perangkat Lain”, lalu klik “Tambahkan Bluetooth atau perangkat lain.”

4. Di jendela “Tambahkan Perangkat” yang muncul, pilih “Bluetooth.”

foto: tangkapan layar

5. Selanjutnya, letakkan Pengontrol Nirkabel Xbox kamu dalam mode berpasangan. Pertama, nyalakan pengontrol dengan menekan dan menahan tombol Xbox.

6. Setelah tombol menyala, tahan tombol pairing selama beberapa detik hingga logo Xbox berkedip cepat. Kamu dapat menemukan tombol pairing di bagian atas di atas port USB dan di antara tombol pemicu LB dan RB kamu.

7. Di komputer, klik “Pengontrol Nirkabel Xbox” saat muncul di daftar “Tambahkan Perangkat”.

8. Selamat! Pengontrol nirkabel Xbox sekarang terhubung ke PC.

9. Pilih “Selesai” untuk menyelesaikan prosesnya.

Setelah selesai bermain, pengontrol akan mati secara otomatis setelah beberapa saat, tetapi kamu juga dapat mematikan pengontrol Xbox secara manual untuk menghemat masa pakai baterai. Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol Xbox atau keluarkan baterai.

Advertisement


(brl/red)