Gunakan trik ini untuk memutar layar iPhone atau iPad tanpa memiringkannya

Advertisement

Techno.id - Ada kalanya kamu perlu memutar layar iPhone atau iPad tanpa memiringkan perangkat secara fisik. Mungkin sensor rotasi iPhone atau iPad kamu rusak atau memindahkan perangkat terlalu sulit. Jika demikian, ada cara mengatasinya berkat fitur Aksesibilitas. 

Cara memutar layar iPhone atau iPad tanpa memiringkan 

Fitur aksesibilitas yang terpasang di iPhone dan iPad yang disebut AssistiveTouch menyediakan menu pintasan yang memungkinkan kamu mensimulasikan gerakan fisik, gerakan, dan penekanan tombol dari antarmuka terpusat. Salah satu fitur tersebut termasuk mengubah orientasi layar tanpa harus memindahkan iPhone atau iPad secara fisik.

Untuk menggunakan AssistiveTouch agar memutar layar, kamu  harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Untuk melakukannya, buka Pengaturan di iPhone atau iPad dan pilih “Aksesibilitas”. Kemudian, di jendela Aksesibilitas, ketuk Sentuh > AssistiveTouch.

foto: tangkapan layar

Setelah itu, ketuk sakelar di samping “AssistiveTouch” untuk mengaktifkannya. Saat kamu membalik sakelar di samping AssistiveTouch, tombol khusus (yang terlihat seperti persegi panjang abu-abu bulat dengan lingkaran putih di tengah) akan muncul di dekat tepi layar.

Keluar dari Setelan dan buka aplikasi yang ingin kamu putar. Kamu akan melihat bahwa tombol AssistiveTouch tetap berada di layar dan menjadi tembus pandang saat tidak digunakan. Kamu dapat menyeretnya di sekitar tepi layar dengan jari jika ingin memposisikan ulang.

Saat kamu siap untuk memutar layar, ketuk tombol AssistiveTouch sekali, pilih “Perangkat” lalu pilih “Putar Layar”. Menu AssistiveTouch akan berubah, kali ini memberi kamu empat opsi rotasi. Perhatikan bahwa ini adalah empat posisi layar absolut dan tidak relatif terhadap posisi layar saat ini. Misalnya, kamu tidak dapat terus mengetuk tombol rotasi “Kanan” untuk terus memutar layar ke kanan. Ketuk opsi rotasi yang ingin kamu gunakan.

Setelah mengetuk, layar akan berputar ke posisi tersebut. Untuk mengubahnya kembali, kamu dapat menggunakan opsi AssistiveTouch > Device > Rotate Screen lagi atau cukup memutar perangkat secara fisik hingga orientasi diatur ulang.

Kunci orientasi layar  

foto: tangkapan layar

Jika ingin mengunci orientasi layar agar tidak berubah dengan menggerakkan perangkat secara fisik, buka Pusat Kontrol (dengan menggesek ke bawah dari sudut kanan atas layar di dekat jam) dan ketuk tombol kunci orientasi yang terlihat seperti panah melingkar dengan kunci di dalamnya. Setelah itu, tutup Pusat Kontrol, dan layar iPhone atau iPad akan tetap diputar sesuai keinginan. Tidak diperlukan gerakan fisik!

Itulah cara memutar layar iPhone atau iPad secara manual, bahkan tanpa memiringkan perangkat. Mudah, bukan? Pastikan kamu memeriksa set lengkap fitur aksesibilitas iPhone, termasuk beberapa fitur aksesibilitas iOS 18 yang lebih baru.

Advertisement


(brl/red)