Ini alasan mengapa tidak baik mengisi daya smartphone semalaman, baterai bisa cepat rusak

Advertisement

Alasan dilarang charge baterai semalaman

Cara mengurangi pengurasan baterai

foto: freepik/rawpixel

Selain memperhatikan suhu dan persentase pengisian daya perangkat, kamu dapat memperpanjang masa pakai baterai dengan mengurangi seberapa sering kamu perlu mengisi daya. Pengisian daya yang lebih sedikit berarti siklus yang lebih sedikit, sehingga masa pakai perangkat lebih lama.

Mengurangi durasi batas waktu layar dan menurunkan pengaturan kecerahan akan memberikan dampak terbesar. Selain itu, sebagian besar ponsel cerdas dan beberapa laptop memiliki opsi penghemat baterai. Kamu juga bisa menonaktifkan Bluetooth dan WiFi saat tidak digunakan untuk menghemat daya baterai. Menonaktifkan GPS dan Data Seluler juga dapat mengurangi pengurasan daya pada sebagian besar perangkat.

Cara memperpanjang masa pakai baterai

foto: freepik/jerro seneg

1. Gunakan pengisian daya parsial untuk menjaga baterai antara 20 dan 80 persen.

2. Kurangi jumlah waktu baterai berada pada kondisi 100 persen dengan tidak mengisi daya ponsel di malam hari. Saat itulah baterai akan mengalami penurunan kualitas paling cepat.

3. Simpan perangkat pada suhu ruangan, sehingga terhindar dari suhu yang ekstrem.

4. Kurangi pengurasan baterai perangkat dengan mematikan layanan yang tidak perlu. Gunakan penghemat baterai untuk mendapatkan penggunaan yang lebih lama dari setiap pengisian daya.

Advertisement


(brl/red)