Ini beberapa fitur iPhone yang sudah bertenaga AI, berikut cara menggunakannya

Advertisement

iPhone AI

3. Koreksi otomatis yang ditingkatkan

foto: apple

Dengan pembaruan perangkat lunak terbarunya, Apple juga memperbaiki salah satu keluhan Koreksi Otomatis. Fitur ini sekarang dapat memperbaiki kesalahan dengan lebih akurat dan menyajikan teks prediktif sebaris yang lebih disesuaikan.

Sebagian besar peningkatan ini dikreditkan ke model bahasa transformer baru iOS 17, yang menggunakan pembelajaran mesin untuk prediksi kata menurut Apple. Fitur ini telah dilatih oleh kumpulan data, memungkinkannya mempelajari konteks dan pola untuk memberikan hasil yang lebih baik, atau dalam hal ini kemampuan untuk meniru bagaimana suara manusia.

4. Kecerdasan fotografi

foto: apple

Bukan rahasia lagi bahwa iPhone mengandalkan algoritma canggih serta fotografi komputasi untuk sebagian besar fitur kameranya. Mode Potret, yang menggunakan AI untuk mengidentifikasi subjek dan menciptakan efek bokeh, hanyalah salah satu contohnya.

Lainnya adalah Mode Sinematik, yang menggunakan AI untuk mensimulasikan bukaan yang diinginkan dan menyesuaikan fokus secara dinamis agar subjek bergerak kamu tetap tajam.

Salah satu kemampuan bertenaga AI yang lebih baru, berkat iOS 17, adalah kemampuan aplikasi Foto untuk mengidentifikasi hewan peliharaan di foto, yang memungkinkan pengaturan foto menjadi lebih baik.

AI iPhone ke depan, membuat Siri menjadi lebih pintar

foto: apple

Siri telah ada sejak 2011, tetapi tidak mengikuti asisten virtual para pesaingnya. Tapi asisten Apple yang diaktifkan dengan suara bisa segera menjadi jauh lebih pintar. Laporan the Information mengatakan Apple berencana menggunakan model bahasa besar, bagian penting dari AI generatif, untuk menyempurnakan Siri.

Nantinya Siri dapat merespons perintah suara sederhana untuk tugas yang lebih kompleks, seperti mengubah sekumpulan foto menjadi GIF dan kemudian mengirimkannya ke salah satu kontak pengguna. Jika contoh itu akurat, ini merupakan langkah maju yang signifikan bagi asisten digital Apple.

Apple sudah menggunakan AI untuk membantu Siri memahami bahasa dan merespons dengan cara yang mirip manusia, di antara kegunaan lainnya, tetapi Apple kesulitan dengan konteks pemrosesan. Karena itu nantikan fitur perangkat lunak iPhone baru yang akan diungkapkan Apple WWDC 2024.

Advertisement


(brl/red)