Ini penyebab laptop Windows atau MacBook lemot, begini cara membuatnya jadi lebih kenceng

Advertisement

Techno.id - Saat kamu pertama kali membeli laptop baik Windows maupun MacBook, kinerjanya pasti super cepat dan responsif. Namun seiring berjalannya waktu dan lamanya penggunaan laptop, perangkat akan melambat. 

Nah masalahnya tidak selalu terkait perangkat keras, tetapi bisa disebabkan beragam aplikasi atau file yang ada simpan di dalamnya, baik secara sengaja atau tidak. Bisa jadi laptop menjadi lemot karena beban program yang menghabiskan banyak sumber daya, atau terbebani ribuan foto dan video sehingga hanya ada sedikit ruang penyimpanan yang tersisa. Bisa juga tanpa disadari kamu mengizinkan bloatware, malware, dan segala macam hal buruk lainnya.

Kabar baiknya, masalah tersebut dapat diperbaiki. Kamu harus mengeksplorasi metode yang efektif untuk laptop Windows dan MacBook untuk mendiagnosis masalah yang mengakibatkan laptop berjalan lambat dan membantunya bekerja lebih cepat. Namun sebelum itu kamu haru mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Penyebab yang membuat laptop lambat

foto: freepik

Sebelum mencari solusi, penting untuk memahami mengapa laptop kamu berjalan sangat lambat. Penyebabnya dapat bervariasi, tetapi biasanya meliputi hal-hal berikut.  

1. Kelebihan sumber daya

Menjalankan terlalu banyak program sekaligus, terutama yang menghabiskan banyak sumber daya seperti perangkat lunak pengedit video atau game kelas AAA, dapat membebani daya pemrosesan dan RAM system laptop.

2. Program startup

Seringkali, program di laptop diatur untuk diluncurkan secara otomatis saat startup. Ini dapat memperlambat segalanya, meskipun kamu tidak menggunakan program tersebut. Misalnya, saat menulis artikel, kamu menemukan laptop secara otomatis memuat layanan aplikasi XBox saat startup. Jika kamu belum pernah memiliki game XBox, hal ini akan membebani laptop.

3. Bloatware

Laptop baru sering kali sudah diinstal sebelumnya dengan perangkat lunak yang tidak diinginkan, yang dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai bloatware. Software ini berjalan di latar belakang yang akan menghabiskan sumber daya laptop.

Ini biasanya termasuk uji coba antivirus, pemutar media, uji coba atau versi terbatas perangkat lunak perkantoran dan game yang sudah diinstal sebelumnya.

4. Malware

Jika laptop terinfeksi virus, spyware, dan perangkat lunak berbahaya lainnya, maka dapat memperlambat kinerja laptop secara signifikan, serta membahayakan keamanan data kamu.

5. Kurangnya penyimpanan

Ruang penyimpanan yang rendah dapat menyebabkan fragmentasi dan akses file yang lambat, menghambat kinerja sistem secara keseluruhan.

6. Keterbatasan perangkat keras

RAM terbatas atau hard drive yang sudah tua dapat menyebabkan kemacetan pemrosesan, mencegah laptop beroperasi secara maksimal.

Jadi, itulah penyebab secara umum yang membuat laptop lemot. Sekarang jelajahi beberapa solusi untuk laptop Windows dan Macbook secara bergantian.

Advertisement


(brl/red)