Ini penyebab laptop Windows atau MacBook lemot, begini cara membuatnya jadi lebih kenceng

Advertisement

Cara mempercepat laptop

Cara membuat MacBook lebih cepat

foto: freepik

1. Identifikasi pengurasan memori

Saat sistem bekerja dengan lambat, satu aplikasi atau proses mungkin menjadi sumber masalahnya. Kamu dapat menggunakan Monitor Aktivitasi untuk menemukan aplikasi atau proses yang bermasalah dan memaksanya untuk berhenti. Buka Monitor Aktivitasi (Aplikasi > Utilitas > Monitor Aktivitasi) untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan CPU, memori, energi, dan ruang disk.

2. Mengelola item masuk

Item masuk adalah aplikasi yang terbuka secara otomatis saat kamu memulai atau masuk ke MacBook. Untuk menguji item masuk kamu untuk melihat apakah ada yang menyebabkan masalah pengaktifan, buka menu Apple lalu buka Pengaturan Sistem.

Klik Umum di bar samping, lalu klik Item Masuk di sebelah kanan. Untuk menguji item masuk mana yang menyebabkan masalah, buat daftarnya, lalu klik tombol Hapus untuk semua, dan mulai ulang MacBook kamu. Jika ini menyelesaikan masalah, pulihkan setiap item login secara bertahap, satu per satu, hingga kamu mengidentifikasi penyebabnya.

3. Copot pemasangan aplikasi yang tidak diinginkan

Jika kamu memiliki aplikasi yang tidak diinginkan di MacBook, menghapusnya akan membantu mengosongkan ruang disk dan sumber daya sistem. Buka Finder, dengan mengeklik desktop atau mengeklik ikon Finder di Dock. Temukan aplikasi yang ingin kamu hapus, lalu klik untuk memilihnya.

Sebagian besar aplikasi dapat ditemukan di folder Aplikasi Kamu, yang dapat kamu buka dengan mengeklik Aplikasi di bar samping jendela Finder mana pun. Atau, pilih Buka > Aplikasi dari bilah menu di Finder. Kemudian cukup seret aplikasi yang tidak diinginkan ke Tempat Sampah.

4. Membersihkan Safari

Menghapus preferensi Safari kamu akan membantu meningkatkan kinerja dan mengosongkan ruang disk di MacBook. Klik menu Safari di pojok kiri atas, lalu Pengaturan > Privasi > Kelola Data Situs Web. Untuk menghapus data cache dan cookie dari komputer, klik Hapus semua > Hapus > Selesai.

5. Optimalkan pengindeksan Spotlight

Meskipun Spotlight membantu kamu menemukan file dengan cepat, Spotlight dapat memperlambat sistem saat mengindeks semuanya. Jadi, buka System Preferences > Spotlight > Privacy dan hapus centang pada folder apa pun yang tidak perlu diindeks.

6. Terus perbarui macOS

Pembaruan macOS terbaru menghadirkan peningkatan kinerja, perbaikan keamanan, dan kompatibilitas dengan perangkat lunak dan perangkat keras yang lebih baru. Ini akan membantu laptop tetap berjalan dengan cepat dan efisien. Halaman di situs web Apple ini memberikan semua informasi yang kamu butuhkan untuk selalu memperbarui MacBook.

7. Tingkatkan RAM

Di aplikasi Monitor Aktivitasi di Mac, klik Memori dan grafik Tekanan Memori akan memberi tahu kamu jika komputer menggunakan memori secara efisien. Hijau berarti baik-baik saja, memori kuning berarti kamu mungkin membutuhkan lebih banyak RAM dan merah berarti kurang. Dalam kasus terakhir, menambahkan lebih banyak RAM akan meningkatkan kinerja secara signifikan, terutama untuk aplikasi multitasking dan intensif memori.

8. Tingkatkan ke SSD

Jika kamu memiliki MacBook lama dengan HDD, menggantinya dengan SSD dapat meningkatkan waktu boot, kecepatan peluncuran aplikasi, dan respons keseluruhan secara signifikan. Sama seperti laptop Windows, sebaiknya kamu membawa MacBook ke Apple Store. Kamu dapat mengetahui jenis drive yang kamu miliki dengan mengklik Tentang Mac ini di bawah logo Apple di sudut kiri.

Advertisement


(brl/red)