Ini yang harus dilakukan jika baterai smartphone kamu menggelembung, jangan mencoba membongkarnya

Advertisement

Cara mengetahui baterai menggelembung

Ini yang harus dilakukan jika baterai ponsel menggelembung

foto: freepik/kaninstudio

Baterai lithium-ion yang membengkak bisa sangat berbahaya. Tekanannya bisa membuat gas keluar, dan baterai bahkan bisa terbakar atau meledak, terutama jika ditusuk.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah segera mematikan perangkat. Jangan mencolokkan atau mengotak-atiknya. Letakkan di tempat yang aman, sebaiknya jauh dari apa pun yang dapat terbakar.

Jika memungkinkan dan aman untuk melakukannya, kamu harus melepas baterai. Berhati-hatilah agar tidak terlalu banyak mengotak-atik dalam prosesnya, dan cobalah untuk menghindari mencium bau asap yang mungkin dikeluarkannya.

Tetapi sangat direkomendasikan untuk membawa ponsel ke profesional. Teknisi akan memiliki pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk melakukan hal ini dengan mudah. Mereka juga dapat mencarikan baterai pengganti yang sesuai untuk ponsel kamu.

Jika bisa melepas baterai sendiri, kamu harus membuangnya dengan aman. Jangan membuangnya begitu saja ke tempat sampah. Baterai ponsel yang membengkak dapat menyebabkan kebakaran. Jadi berhati-hatilah ketika mengetahui baterai ponsel kamu mulai menggelembung. Jangan berspekulasi untuk membongkar sendiri. Sebaiknya bawa ke service center resmi.  

Advertisement


(brl/red)