iPhone kamu mengalami masalah ghost touch? Begini 10 cara yang bisa dicoba untuk memperbaikinya

Advertisement

10 Cara mengatasi ghost touch iPhone

6. Mulai ulang iPhone

foto: freepik/grinvalds

Selalu merupakan ide yang baik untuk me-restart iPhone setiap kali ada masalah. Cara ini juga berlaku untuk masalah ghost touch, karena mungkin saja mengosongkan memori jangka pendek iPhone dengan memulai ulang dapat memperbaiki kesalahan apa pun yang menyebabkan layar menyala.

Mirip dengan memulai ulang iPhone tetapi terasa lebih drastis, kamu dapat memulai ulang secara paksa (atau soft reset) iPhone. Kamu dapat melakukan ini jika masalah ghost touch iPhone sangat parah sehingga kamu tidak dapat mematikannya dengan benar.

7. Perbarui iOS

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika ghost touch masih menjadi masalah, kamu harus memperbarui OS iPhone. Cara ini layak dilakukan karena ghost touch dapat disebabkan bug perangkat lunak yang telah diperbaiki Apple dalam pembaruan terbaru.

Untuk memperbarui iPhone, buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Ketuk Perbarui Sekarang jika versi yang lebih baru tersedia.

Jika ghost touch hanya terjadi saat kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka kamu juga harus memperbarui aplikasi iPhone tersebut untuk mendapatkan perbaikan bug terbaru.

8. Lakukan reset pabrik

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika restart dan pembaruan perangkat lunak tidak menghentikan masalah ghost touch, kamu harus melakukan reset pabrik. Ini adalah cara yang baik untuk menghilangkan masalah perangkat lunak mendasar yang mungkin menyebabkan ghost touch. Namun kamu harus mencadangkan data iPhone sebelum melakukan reset pabrik karena akan menghapus semua data.

Untuk mengatur ulang iPhone, buka Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang > Hapus Semua Konten dan Pengaturan. Setelah kamu melakukan reset pabrik, kamu harus melalui proses pengaturan lagi. Di sini kamu dapat memilih untuk memulihkan iPhone dari cadangan sebelumnya.

9. Instal ulang iOS menggunakan mode pemulihan

foto: freepik/mrdm

Jika restart paksa sederhana tidak berhasil, pertimbangkan untuk menempatkan iPhone dalam mode pemulihan dan menginstal ulang iOS. Setelah dalam mode pemulihan, komputer kamu akan menampilkan pesan yang mengatakan "Ada masalah dengan iPhone yang mengharuskannya diperbarui atau dipulihkan." Kamu harus mengklik Perbarui (jika tersedia) atau Pulihkan.

Memulihkan iPhone dari mode pemulihan akan menghapus semua data. Karena itu, kamu harus mencadangkan iPhone terlebih dahulu. Jika mode pemulihan tidak membantu, coba gunakan mode DFU di iPhone. Ini adalah versi mode pemulihan yang lebih dalam yang menyelesaikan masalah dengan firmware.

10. Bawa iPhone ke Apple

foto: freepik/bublikhaus

Jika iPhone kamu masih mengalami masalah ghost touch, maka kamu harus membawa ke Apple Store terdekat untuk diperbaiki. Bisa jadi kamu telah kehabisan cara perbaikan perangkat lunak, jadi itu pasti masalah perangkat keras yang menyebabkan ghost touch di iPhone. Misalnya, bisa saja disebabkan perakitan layar atau tempat duduk layar sentuh yang tidak tepat.

Ingat, tidak boleh membongkar iPhone dan mencoba memperbaikinya sendiri kecuali kamu memiliki banyak pengalaman. Jauh lebih aman untuk beralih ke Dukungan Apple. Sebab, mencoba perbaikan sendiri juga akan membatalkan garansi apa pun yang kamu miliki.

Advertisement


(brl/red)