Kamu wajib mengaktifkan fitur iOS 18 ini untuk menjaga baterai iPhone tetap sehat, begini caranya

Advertisement

Techno.id - Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur Optimized Battery Charging, fitur yang secara otomatis memperlambat kecepatan pengisian daya iPhone melebihi 80 persen. Dengan iOS 18, Apple memungkinkan kamu mengatur batas pengisian daya secara manual untuk meningkatkan umur baterai. Begini cara menggunakannya. 

Cara mengatur batas pengisian daya baterai iPhone  

foto: tangkapan layar

Sebelum melanjutkan, perlu dicatat bahwa fitur ini hanya tersedia pada model iPhone 15 dan iPhone 16 yang menjalankan iOS 18 atau lebih baru. Jika memilikinya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menetapkan batas.

1. Buka aplikasi Pengaturan dan arahkan ke Pengisian Daya > Baterai.

2. Sekarang, cukup sesuaikan penggeser Batas Pengisian Daya sesuai dengan preferensi. Terendah yang dapat kamu tetapkan adalah 80 persen.

Mengubah batas pengisian daya menjadi kurang dari 100 persen akan secara otomatis menonaktifkan Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan di iPhone. Karena kamu secara manual membatasi daya baterai hingga kurang dari 100 persen, fitur ini menjadi tidak relevan.

Untuk kalibrasi baterai, iPhone akan mengisi daya hingga 100 persen sesekali. Jika tidak, itu akan tetap pada batas pengisian daya yang kamu tetapkan. Batas pengisian daya adalah cara yang bagus untuk menjaga kesehatan baterai iPhone.

Alasan harus membatasi kapasitas pengisian baterai

foto: freepik/rawpixel.com

Mengisi daya iPhone hingga 100 persen dan kemudian menguras ke 0 persen akan membebani baterai. Sebab baterai lithium-ion di dalam smartphone dan perangkat lain lebih cepat aus jika diisi secara teratur hingga 100 persen.

Ini juga mengapa iPhone dan perangkat lain memperlambat kecepatan pengisian dayanya setelah 80 persen dan beralih ke pengisian tetesan.

Kecepatan pengisian yang lebih rendah mengurangi jumlah panas yang dihasilkan dan perlahan-lahan menaikkan sel ke kapasitas maksimumnya, mengurangi keausan. Pengisian tetesan bisa menjadi salah satu alasan mengapa ponsel mengisi daya dengan lambat.

Dengan batas pengisian daya, kamu dapat mengatur iPhone secara permanen untuk tidak mengisi daya hingga 100 persen. Sebagai gantinya, kamu dapat membatasinya antara 80 dan 95 persen untuk memperpanjang masa pakai baterai. Fitur ini hanya berguna jika kamu tidak terlalu sering menggunakan iPhone dan selalu berada di dekat stopkontak.

Advertisement


(brl/red)