Kenali cara kerja Quishing, kejahatan digital yang memanfaatkan pemindaian kode QR

Advertisement

Quishing

Cara memeriksa apakah Kode QR aman

foto: freepik

Kamu dapat menghentikan penipuan sebelum mereka mengakses informasi keuangan kamu dengan beberapa kiat keamanan yang mudah.

1. Periksa apakah Kode QR telah dirusak

Jika kamu memindai kode QR di tempat umum, pastikan kode tersebut belum diubah. Cari tanda-tanda seseorang menempelkan stiker di atas kode QR asli. Jika ya, jangan pindai kode QR tersebut.

Demikian pula, jika kamu membuat kode QR untuk menerima pembayaran, pastikan untuk memindai kode QR sendiri dan periksa kembali apakah pembayaran akan dilakukan ke tempat yang kamu pikir akan dilakukan.

2. Periksa kembali URL atau situs web setelah memindai

Setelah kamu memindai kode QR, selalu periksa kembali URL atau situs web yang muncul. Situs web penipu akan memiliki URL yang tampak aneh, atau situs web tersebut tidak akan terasa benar. Ikuti langkah-langkah untuk memeriksa apakah sebuah situs web aman, dan jika ada yang terlihat mencurigakan, jangan masukkan informasi pembayaran apa pun ke dalam situs web tersebut.

3. Cari metode alternatif untuk membayar

Jika kode QR terlihat mencurigakan, atau kamu lebih suka tidak mengambil risiko, cari cara lain untuk membayar. Misalnya, jika kode QR mengklaim bahwa itu akan mengarahkan kamu ke sebuah aplikasi, cari secara manual di app store ponsel kamu. Jika penerima mengizinkan metode pembayaran alternatif, gunakan metode tersebut atau tanyakan tentang metode tersebut kepada karyawan.

Pertahanan terbaik untuk melawan Quishing adalah mengetahui cara kerjanya dan apa yang harus diwaspadai. Jika kode QR membawa kamu ke tempat yang mencurigakan, jangan masukkan informasi pembayaran.

Advertisement


(brl/red)