Layar sentuh ponsel Android kamu tidak berfungsi? Begini cara memperbaikinya

Advertisement

Cara mengatasi layar sentuh bermasalah

3. Tingkatkan latensi layar secara artifisial

foto: unsplash/oliur

Untuk tampilan yang berfungsi sebagian, kamu mungkin dapat meningkatkan latensi layar dengan aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa menggunakan Touchscreen Repair, aplikasi ringan yang dapat mengalibrasi layar untuk mengurangi waktu respons.

Aplikasi ini akan meminta kamu untuk mengetuk beberapa bagian layar sentuh secara berurutan. Aplikasi ini akan menurunkan latensi secara artifisial sebanyak mungkin.

Keefektifan apliksi ini bervariasi tergantung pada pembuat ponsel yang kamu gunakan. Banyak OEM membuat ponsel mereka dengan tingkat respons yang optimal. Dalam skenario tersebut, aplikasi ini tidak akan bisa berbuat banyak. Tetapi patut dicoba jika tidak ada cara lain yang berhasil.

4. Mengontrol ponsel dengan suara atau gerakan wajah

Kamu tidak harus bergantung pada input sentuh untuk mengontrol ponsel. Untuk pengguna dengan kebutuhan aksesibilitas yang lebih baik, metode interaksi berbasis suara dan wajah untuk Android kini telah berkembang pesat.

Dengan aplikasi yang tepat, kamu dapat menavigasi ponsel melalui suara dan gerakan wajah. Tentu saja, solusi ini hanya berlaku jika layar sentuh ponsel cukup berfungsi untuk menginstal aplikasi dari Play Store.

Jika tidak, kamu dapat mencoba menginstal aplikasi pada ponsel melalui antarmuka web Play Store. Kamu dapat menonaktifkan input layar sentuh pada ponsel sampai kamu memperbaiki layar.

Aplikasi Voice Access

foto: techno.id/yani andriyansyah

Aplikasi Voice Access Google secara proaktif mendengarkan perintah dan memberikan nomor untuk setiap tindakan yang tersedia di layar. Alih-alih menyentuh ikon aplikasi atau elemen menu, kamu hanya perlu menyebut angka yang ditetapkan.

Aplikasi ini menautkan tindakan mendasar ke frasa tetap. Jadi, kamu dapat mengucapkan ‘layar turun’ untuk berpindah halaman dan ‘kembali’ untuk kembali ke layar sebelumnya.

EVA Facial Mouse Pro

foto: play.google

Aplikasi ini menambahkan kursor virtual di layar ponsel yang dapat kamu manipulasi dengan wajah. Untuk menggerakkan penunjuk, kamu hanya perlu menggerakkan kepala ke arah yang sesuai.

Ketika kursor berada di atas elemen yang ingin kamu pilih, tunggu sejenak. Kamu juga memiliki opsi untuk mengaktifkan dock untuk mengakses dengan cepat beberapa tindakan penting, termasuk home dan multitasking. Aplikasi ini juga memungkinkan input suara, jadi aktifkan jika kamu membutuhkannya.

5. Gunakan keyboard dan mouse eksternal

foto: techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu tidak dapat menginstal aplikasi apa pun karena masalah layar, kamu bisa menyambungkan keyboard dan mouse eksternal ke ponsel. Untuk menggunakan cara ini kamu memerlukan dongle yang disambungkan ke input USB di ponsel agar bisa menghubungkan mouse atau keyboard. Setelah tersambung, coba kamu gunakan keyboard atau mouse untuk berinteraksi dengan ponsel kamu.  

Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan layar sentuh kamu tetap tidak mau merespons, tampaknya kamu harus segera melakukan penggantian layar sentuh. Usahakan untuk melakukannya di layanan Service Center terpercaya. 

Advertisement


(brl/red)