Manfaat mengaktifkan mode gelap Microsoft Word, begini cara melakukannya di berbagai platform 

Advertisement

Techno.id - Merasa sering letih ketika berlama-lama bekerja menggunakan Microsoft Word? Ada cara yang bisa kamu lakukan agar bisa bekerja lebih lama dan lebih nyaman di Microsoft Word. Gunakan mode gelap. 

Pengaturan ini membuat latar belakang gelap dan teks terang. Ada beberapa alasan mengapa mode gelap disukai pengguna. Pertama karena tampilannya. Mode ini memberikan latar belakang dan UI estetika yang ramping untuk aplikasi modern.

Selain itu, kecerahan yang berkurang meminimalkan masalah visual sehingga membuatnya tidak terlalu mengganggu. Selain itu, mode ini membuat warna cerah yang digunakan dalam teks dan elemen visual seperti gambar dan bentuk menjadi lebih menonjol.

Kedua, mode gelap mengurangi ketegangan mata saat bekerja. Mode ini menghilangkan silau dan meminimalkan jumlah cahaya biru, membuat segalanya lebih mudah di mata, terutama dalam kondisi cahaya redup seperti malam hari. Itu adalah dua alasan utama, tetapi ada alasan lain mengapa kamu menggunakan mode gelap. Salah satunya, mode ini tidak menguras baterai perangkat.

Cara mengaktifkan mode gelap di Microsoft Word

Microsoft Word berfungsi di berbagai platform mulai dari dekstop hingga ponsel. Kamu bisa mengubah tampilan mode helap di berbagai platform tersebut.

Di desktop

foto: tangkapan layar

Untuk mengaktifkan mode gelap di aplikasi desktop Microsoft Word, buka File > Akun, klik dropdown di bawah Office Theme, dan pilih “Hitam” di menu.

Kamu dapat mengalihkan latar belakang dokumen antara terang dan gelap setelah mengaktifkan mode gelap dengan memilih tab “Tampilan” dan mengklik “Beralih Mode” di bagian Mode Gelap.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa mengaktifkan mode gelap di Word juga akan memengaruhi aplikasi Office lainnya. Itu berarti Excel, PowerPoint, OneNote, dan lainnya juga akan memiliki tema gelap saat kamu membukanya.

Di web 

foto: tangkapan layar

Jika kamu menggunakan versi web Microsoft Word, yang merupakan bagian dari paket Microsoft 365 gratis, kamu juga dapat mengaktifkan mode gelap dengan mudah.

Untuk melakukannya, buka dokumen yang ingin kamu edit dan pilih tab “Lihat”. Kemudian, klik “Mode Gelap”.

Jika ingin menjaga UI tetap gelap tetapi mempertahankan tema default untuk latar belakang dokumen (teks hitam pada latar belakang putih), klik “Ganti Latar Belakang” di grup Mode Gelap pada pita. Opsi ini hanya akan muncul setelah kamu mengaktifkan mode gelap.

Di ponsel

foto: tangkapan layar

Kemungkinannya adalah jika perangkat kamu menggunakan mode gelap di pengaturan sistem, Word juga akan mengaktifkannya secara default. Tetapi jika tidak, ada beberapa cara untuk mengubahnya.

Di iPhone, tidak ada sakelar untuk mengaktifkan mode gelap di pengaturan Word. Itu berarti untuk mengaktifkannya, kamu  harus melakukannya di pengaturan sistem dengan menuju ke Pengaturan > Display & Brightness dan mengetuk “Dark” untuk mengalihkan UI Microsoft Word ke mode gelap. Perlu diingat bahwa ini juga akan memengaruhi aplikasi lain.

Saat membuka dokumen di aplikasi, kamu dapat mengatur latar belakang untuk menggunakan tema gelap. Untuk melakukannya, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas dan aktifkan “Latar Belakang Gelap” di menu.

Di ponsel Android, kamu dapat mengaktifkan mode gelap tanpa mengubah pengaturan sistem. Ketuk ikon gambar profil di sudut kiri atas layar dan pilih “Pengaturan” di menu. Di bagian Preferensi Tampilan, ketuk opsi “Light”. Kemudian, ketuk “Gelap” di menu untuk mengaktifkan mode gelap. Jika latar belakang dokumen terang, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas dan ketuk “Ganti Latar Belakang Dokumen” di menu.

Saat mengaktifkan mode gelap di Microsoft Word pada satu platform, itu tidak akan memengaruhi yang lain—kamu harus melakukannya secara manual di masing-masing platform.

Advertisement


(brl/red)