Masih pakai Windows 10? Siap-siap bakal kehilangan dukungan keamanan pada Oktober 2025

Advertisement

Techno.id - Dukungan resmi untuk Windows 10 berakhir pada Oktober 2025. Artinya, tenggat tersebut, Microsoft tidak akan lagi menawarkan perbaikan, fitur baru, atau pembaruan keamanan.

Jika memiliki PC Windows 10, kamu mungkin telah mendapat notifikasi yang memberi tahu tentang berakhirnya dukungan. Bagi PC yang memenuhi syarat untuk update ke Windows 11, kamu bisa memutakhirkannya secara gratis. 

Tetapi jika kamu memiliki PC yang menjalankan versi Windows yang lebih lama seperti Windows 7 atau 8.1, maka siap-siap membeli komputer baru.

Pentingnya dukungan keamanan

foto: freepik

Pembaruan Windows memastikan PC kamu tetap aman melalui pembaruan keamanan dan perbaikan terbaru, sehingga PC terus berjalan dengan benar dan tetap terlindungi.

Microsoft merilis pembaruan fitur, biasanya dua kali setahun, yang dapat menambahkan fungsionalitas baru. Setelah dukungan berakhir pada Oktober 2025, Windows 10 akan tetap berfungsi, tetapi tidak akan mendapatkan pembaruan atau perbaikan keamanan.

Peretas dan penjahat siber sering menargetkan perangkat lunak yang tidak didukung untuk mengeksploitasi kelemahan dan mencuri data. Selain itu beberapa fitur atau perangkat lunak tidak lagi berfungsi di PC tersebut. Disarankan kamu meningkatkan perangkat atau membeli yang baru untuk menjaga data tetap aman dan PC berjalan lancar.

Ini yang dapat kamu lakukan ketika Windows 10 tidak lagi mendapat dukungan keamanan

foto: google

Berikut adalah empat opsi untuk dipertimbangkan, tergantung pada situasi kamu.

1. Tingkatkan ke Windows 11 gratis dapat dilakukan jika kamu menjalankan Windows 10 dan PC kamu memiliki spesifikasi yang diperlukan untuk Windows 11.

2. Beli PC baru jika komputer kamu tidak mendukung Windows 11. Rencanakan untuk membeli model baru sebelum dukungan Windows 10 berakhir.

3. Konversi laptop Windows ke Chromebook ChromeOS yang tidak menuntut spesifikasi PC seperti Windows 11. Jadi, jika kamu memiliki laptop yang tidak mendukung Windows 11, maka dapat mempertimbangkan untuk mengalihkannya dari Windows ke ChromeOS Flex secara gratis.

4. Kamu dapat meningkatkan spesifikasi jika PC saat ini tidak mendukung Windows 11. Periksa apakah PC tersebut dapat ditingkatkan. Kamu perlu memutakhirkannya untuk memenuhi spesifikasi Windows 11. Salah satu persyaratan untuk Windows 11 adalah chip Trusted Platform Module (TPM 2.0), yang meningkatkan keamanan. Chip ini sebagian besar ada pada PC yang dirilis dalam empat tahun terakhir.  

Cara meningkatkan ke Windows 11

foto: tangkapan layar

Kamu dapat memutakhirkan ke Windows 11 secara gratis jika menjalankan Windows 10 dan PC kamu mendukungnya. Periksa apakah PC kamu kompatibel dengan Window 11? Untuk meningkatkan ke Windows 11, ini yang perlu kamu lakukan.

Klik tombol Start Windows atau tekan tombol Windows pada keyboard, klik Update & Security lalu Windows Update. Ketahuilah bahwa Windows 11 terasa mirip dengan Windows 10 dan sebenarnya telah disederhanakan agar lebih mudah digunakan. Kecepatan dan kinerja juga telah ditingkatkan.

Advertisement


(brl/red)