Masih pakai Windows 10? Siap-siap bakal kehilangan dukungan keamanan pada Oktober 2025

Advertisement

Windows 10 tidak mendapat dukungan keamanan tahun depan

Spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk update ke Windows 11

foto: freepik/user22489803

1. Setidaknya 8GB RAM atau lebih baik memiliki 16GB RAM.

2. Memiliki penyimpanan Solid-State Drive (SSD) setidaknya 256GB (idealnya lebih).

3. Setidaknya menggunakan prosesor Intel i5 atau AMD Ryzen 5 yang setara. Hindari prosesor Intel Pentium atau Celeron, karena terlalu ketinggalan zaman.

4. Jika menginginkan AI Microsoft, Copilot+, kamu memerlukan RAM 16GB, prosesor Snapdragon X Series, dan setidaknya 512MB SSD.

Mengonversi laptop ke Chromebook

foto: google

Jika enggan memutakhirkan PC, pertimbangkan untuk mengonversi laptop Windows menjadi Chromebook. ChromeOS Flex gratis untuk diinstal dan memiliki persyaratan yang jauh lebih ringan daripada Windows 11. Jadi kemungkinan besar kompatibel dengan perangkat lama kamu.

Chromebook menjalankan ChromeOS. Cara kerjanya berbeda dari Windows. Sistem operasi ini memiliki fokus online dan mengharuskan kamu memiliki akun Google. Kamu akan melakukan semua tugas secara online melalui browser atau melalui aplikasi yang diunduh dari Google Play store. Jika kamu sering menggunakan aplikasi online, seperti Google Docs dan Spreadsheet Google, Chromebook cocok digunakan.

Selain itu, banyak aplikasi populer, termasuk Microsoft Office untuk Chromebook yang tersedia untuk diunduh atau dibeli. Namun, perangkat lunak Windows tidak kompatibel, sehingga beberapa program mungkin tidak tersedia.

Advertisement


(brl/red)