Tidak menerima notifikasi Gmail di ponsel Android? Berikut cara memperbaikinya

Advertisement

Notifikasi Gmail

4. Nonaktifkan mode jangan ganggu

foto: tangkapan layar

Mode Jangan Ganggu memblokir semua notifikasi agar tidak masuk. Jika kamu sering mengaktifkan mode Jangan Ganggu, siapkan untuk mengizinkan notifikasi Gmail tertentu jika kamu  tidak ingin melewatkan notifikasi penting.

Kamu biasanya dapat menemukan sakelar Jangan Ganggu dengan menarik pusat kendali dari atas layar. Kamu juga dapat dapat pergi ke Sound & Vibration di aplikasi Settings dan menemukan Do Not Disturb di sana. Pastikan itu tidak diaktifkan.

Jika ingin tetap mengaktifkan Jangan Ganggu tetapi tidak ingin melewatkan notifikasi Gmail, kamu dapat memindahkan Gmail ke daftar yang diizinkan. Di bawah bagian fitur “Siapa yang Dapat Mengganggu Jangan Ganggu”, ketuk “Aplikasi” dan “Tambahkan Aplikasi”.

Pilih Gmail dari daftar dan pilih jenis notifikasi mana yang dapat mengganggu mode Jangan Ganggu. Kamu juga dapat mengizinkan semua notifikasi.

5. Aktifkan sinkronisasi

foto: tangkapan layar

Jika notifikasi disiapkan dengan baik, penyebab umum lainnya adalah fitur sinkronisasi di Gmail. Terkadang, hanya dengan menghidupkan dan mematikannya sudah cukup untuk memulihkan semua perilaku pemberitahuan.

Buka aplikasi Gmail. Buka Pengaturan dan pilih akun email yang tidak mengirimkan notifikasi. Gulir ke bawah sampai ke bagian Penggunaan Data dan aktifkan “Sinkronkan Gmail”. Jika sudah diaktifkan dan tetap bermasalah, nonaktifkan saja dan aktifkan kembali untuk ukuran yang baik.

6. Nonaktifkan pengoptimalan baterai

foto: tangkapan layar

Fitur pengoptimalan baterai di Android sejauh ini merupakan pelanggar terburuk dalam hal mengacaukan perilaku pemberitahuan. Ini dapat secara acak mematikan proses latar belakang yang harus aktif oleh aplikasi untuk mendorong pemberitahuan. Untuk mencegahnya, kamu perlu mengecualikan Gmail dari daftar aplikasi yang diumpankan ke fitur pengoptimalan baterai.

Kamu dapat mengakses daftar aplikasi yang dioptimalkan untuk baterai di aplikasi Setelan. Tata letak navigasi dan label akan bervariasi antar produsen. Jadi coba cari menu berlabel “hemat daya”, “penghemat baterai”, atau “pengoptimalan baterai”. Pengaturan ini biasanya dikumpulkan di bagian Power & Battery. Kamu juga dapat mencari “pengoptimalan” atau “penghemat baterai” di bilah pencarian Pengaturan.

Fitur ini akan memberi kamu daftar setiap aplikasi di perangkat. Kamu dapat mengurutkannya berdasarkan “Tidak Dioptimalkan” dan “Semua Aplikasi”. Pastikan kamu telah memilih “Semua Aplikasi” dan cari “Gmail” dalam daftar. Ketuk ikon aplikasi, dan pilih “Tidak Dioptimalkan” atau “Jangan Optimalkan” untuk menghentikan pembatasan.

Kamu juga dapat membuka aplikasi, tekan lama ikon Gmail, dan pilih “Info Aplikasi”. Harus ada menu baterai di sini. Ketuk dan izinkan penggunaan baterai di latar belakang tanpa batasan apa pun. Nyalakan ulang ponsel dan kamu akan mulai mendapatkan notifikasi.

Beberapa solusi ini akan berfungsi untuk aplikasi apa pun, bukan hanya Gmail. Jika tidak ada yang berfungsi, kamu mungkin menjalankan perangkat Android lama yang tidak lagi didukung.

Advertisement


(brl/red)