Tips ini perlu Anda ketahui sebelum memberi nama pada aplikasi Anda
Techno.id - Selain fungsional dan mudah digunakan, ada faktor lain yang mempengaruhi kesuksesan sebuah aplikasi, yakni pemilihan nama. Ya, meski terkesan sepele, identitas dari aplikasi Anda ini memegang peran yang cukup penting dalam beberapa hal, misalnya kemudahan untuk ditemukan dan meningkatkan brand awareness dari karakter yang ingin Anda usung.
-
Cara mengganti nama smartphone Android dan iPhone, cepat dan antiribet Kamu bisa menggantinya dengan nama yang unik dan antimainstream lho~
-
Resep rahasia agar aplikasi digemari banyak pengguna Agar sebuah aplikasi diminati pengguna, sebaiknya pengembang membuat aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat.
-
Cara mudah ganti nama Instagram di HP Android dan iPhone, pilih nama yang gampang diingat followers Nama yang jelas akan memudahkan mereka menemukan akun kamu
Sebaliknya, nama yang tidak tepat berpotensi membuat aplikasi Anda susah ditemukan atau bahkan tidak cocok digunakan oleh user di pasar tertentu.
Nah, supaya Anda tidak menyematkan nama yang salah untuk aplikasi potensial Anda, baiknya ikuti saja saran panduan optimisasi App Store dari App Annie (08/10/15) berikut:
Gunakan nama yang merangkum manfaat aplikasi tersebut
Nama aplikasi yang bagus bisa menceritakan pada user kegunaan aplikasi tersebut secara otomatis dan jelas. Salah satu teknik yang bisa dipakai dalam memilih nama aplikasi yang tepat ialah Anda perlu mempertimbangkan apa yang dipikirkan user terhadap aplikasi Anda. Teknik ini bisa membantu mengonversi kesan calon user ke aktivitas install.
Dalam hal ini, App Annie mencontohkan Snapchat, yang secara cerdas mengisyaratkan pekerjaan memotret (snapping) dan mengobrol (chatting) dalam satu platform.
Hindari mengulang nama aplikasi terus-menerus
Menurut App Annie, mencantumkan atau menyebutkan nama aplikasi Anda secara terus-menerus, mulai dari menampilkan logo terlalu sering di screenshoot sampai di deskripsi aplikasi, sebaiknya dihindari. Pasalnya, nama yang sudah bagus pasti akan melekat dengan sendirinya ke benak penonton. Terlalu sering mempromosikan identitas aplikasi bahkan bisa saja dinilai sebagai wujud ketidakpercayaan Anda terhadap aplikasi tersebut.
Cek arti nama aplikasi Anda di bahasa lainnya
Supaya bisa memperluas user, Anda selayaknya juga menyasar pengguna secara global. Sayangnya, tak semua aplikasi dapat diterima dengan baik di negara atau kultur lain. Satu di antara sebabnya ialah arti nama dari aplikasi Anda yang kurang dapat mewakili atau bahkan bisa membuat salah kaprah.
App Annie mengambil contoh bagaimana kata 'gift' yang dalam Bahasa Indonesia berarti kado, ternyata dalam Bahasa Jerman memiliki arti 'poison' alias racun. Nah, penerjemahan seperti ini perlu Anda pertimbangkan lebih lanjut, terlebih jika ingin go international.
Cek juga seperti apa nama aplikasi Anda di huruf atau sistem penulisan lain
Tak cuma berhenti di tahap mengecek arti, ada baiknya kalau Anda juga mempertimbangkan akan seperti apa nama aplikasi Anda ketika ditransformasikan ke huruf atau sistem penulisan lain. Hal ini berlaku di sejumlah negara besar nan potensial yang memiliki huruf tersendiri, misalnya Tiongkok, Jepang, bahkan Rusia.
Di sini, App Annie mengingatkan bahwa saat aplikasi Anda diterjemahkan ke sistem penulisan atau huruf lain, bisa jadi karakter nama akan berubah. Kalaupun bertambah terlalu banyak, nama tersebut sangat mungkin tak bisa terdeteksi dengan cepat oleh search engine.
Itu dia sedikit tips yang disampaikan oleh App Annie. Untuk sedikit mengingatkan Anda, sebaiknya nama aplikasi itu sudah merangkum fungsi dan keuntungannya sekalian, tidak terlalu banyak disebutkan, tidak memiliki arti yang sangat kontras di bahasa lain, serta tidak terlalu panjang. Semoga bermanfaat!
(brl/red)