4 Alasan sebagian orang lebih memilih menyimpan data di flash drive ketimbang Cloud

Advertisement

Techno.id - Saat ini banyak dari kita menggunakan ponsel atau cloud untuk menyimpan data. Namun tentu saja penyimpanan tersebut juga rawan terhadap kebocoran data. Karena itu ada sejumlah orang yang lebih memilih menyimpan data mereka di penyimpanan eksternal.

Apalagi dalam beberapa tahun terakhir, penyimpanan eksternal seperti flash drive modern lebih baik dari sebelumnya, baik secara kualitas maupun kapasitasnya. Selain itu, drive eksternal saat ini juga memiliki kecepatan transfer yang cukup mumpuni. Artinya, jika kamu mencoba memindahkan file di antara dua perangkat, flash drive atau SSD eksternal biasanya merupakan cara tercepat untuk melakukannya. Tidak jarang saat ini sebuah flash drive bisa memindahkan file dengan kecepatan ratusan megabita per detik.

Dari sisi desain dan dimensi, flash drive juga tidak terlalu besar. Plus, kamu bisa mendapatkan drive dengan port USB-C dan USB-A, sehingga siap untuk mesin mana pun yang kamu gunakan. Berikut beberapa alasan sebagian orang memilih drive eksternal sebagai ruang penyimpanan.   

1. Tidak bergantung pada koneksi internet

foto: freepik/jero sennegs

Menggunakan penyimpanan USB portabel berarti kamu dapat mengakses data meskipun sinyal internet buruk. Jika kamu ingin menyimpan atau mengambil file yang ada di cloud, maka dibutuhkan koneksi internet. Berbeda dengan penyimpanan drive eksternal. Tinggal hubungkan flash drive ke perangkat, kamu bisa mentransfer data tanpa terkoneksi ke internet.

2. Data cenderung tidak mudah bocor

foto: freepik/mrdm

Saat menyimpan file secara online, kamu menyalinnya dari komputer ke komputer atau perangkat lain. Kecuali jika kamu mengenkripsi file tersebut sebelum masuk ke web. Intinya bisa saja file atau data kamu diretas seseorang.

Sementara flash drive USB pada dasarnya bersifat pribadi. Artinya data kamu akan tetap aman. Apalagi jika data kamu dilindungi dengan kata sandi atau mengenkripsi data.

Selain itu, tidak seperti penyimpanan cloud, file yang disimpan di flash drive jika dihapus memang benar-benar dihapus. Sementara di cloud, jika kamu menghapus file yang tersimpan, bukan tidak mungkin suatu saat akan muncul kembali. Pada drive USB, kamu  juga tidak perlu khawatir kata sandi akan dicuri.

3. Jauh lebih murah

foto: freepik/eyeem

Harga penyimpanan eksternal flash drive saat ini relatif lebih terjangkau dibanding beberapa tahun lalu, termasuk untuk kapasitas 512GB. Rata-rata harganya di kisaran ratusan ribu rupiah.

Sebaliknya, untuk penyimpanan cloud seperti Dropbox harga berlangganan sekitar Rp164 ribu per bulan untuk penyimpanan 2TB. Setelah satu tahun, kamu telah menghabiskan uang jutaan rupiah, tidak sebesar yang kamu keluarkan untuk hard drive eksternal 2TB.

4. Bisa untuk kegunaan lain selain penyimpanan

foto: freepik/andranik.h90

Mencadangkan file hanyalah salah satu fungsi hard drive eksternal. Kamu juga dapat menggunakannya untuk beberapa fungsi seperti menginstal sistem operasi untuk boot.

Kamu juga dapat mencolokkan drive eksternal ke beberapa konsol game, yang bisa menjadi cara lebih murah untuk menambah jumlah game yang dapat kamu mainkan daripada membeli model dengan penyimpanan lebih banyak.

Bahkan kini beberapa kamera dapat merekam langsung ke drive, memungkinkan kamu merekam video yang lebih panjang dan berkualitas lebih tinggi. Beberapa TV juga dapat memutar media langsung dari drive. Ini bisa menjadi opsi yang jauh lebih sederhana untuk menonton film. Kamu juga dapat memutar musik di mobil yang memiliki port USB tanpa bergantung pada koneksi Bluetooth ponsel.

Advertisement


(brl/red)