5 Fitur iPhone 16 Pro yang sudah lama dimiliki ponsel cerdas Android

Advertisement

Techno.id - Model iPhone 16 Pro menghadirkan beberapa peningkatan penting. Namun, sebagian besar fitur baru yang diperkenalkan Apple sebenarnya telah tersedia di ponsel cerdas Android untuk waktu yang cukup lama. Berikut beberapa fitur iPhone 16 Pro yang memulai debutnya tetapi sudah tersedia di perangkat Android sejak lama.

1. Tombol kamera khusus

foto: apple

Salah satu fitur menonjol dari seri iPhone 16 adalah tombol Kontrol Kamera baru. Tombol sentuh kapasitif ini berada tepat di bawah tombol daya, memungkinkan pengguna membuka aplikasi Kamera dengan cepat dan mengambil foto. Fitur ini juga mendukung berbagai gerakan, tekan ringan menyesuaikan zoom, sementara ketuk dua kali memungkinkan pengguna menyesuaikan aperture, white balance, kecepatan rana, dan banyak lagi.

Menariknya, fitur ini tidak sepenuhnya baru. Ponsel seri Sony Xperia 1 dan Xperia 5 telah memiliki tombol rana kamera khusus di samping selama bertahun-tahun. Namun tombol rana Sony cukup terbatas dalam fungsionalitas. Hanya dapat meluncurkan aplikasi Kamera, mengambil foto, dan merekam video. Sedangkan implementasi Apple menawarkan lebih banyak fitur, seperti zoom, kontrol lanjutan, dan bahkan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga.

2. Kamera ultra-wide 48MP

foto: apple

iPhone secara konsisten dipuji karena kinerja kameranya selama beberapa tahun terakhir, namun salah satu gangguannya adalah kualitas bidikan ultra-lebar di bawah standar, yang sering menunjukkan noise dan grain, terutama dalam kondisi cahaya redup.

Apple telah mengatasi masalah ini di model iPhone 16 Pro dengan memperkenalkan sensor ultra-lebar 48MP baru, peningkatan dari sensor 12MP pada model sebelumnya. Ini seharusnya, secara teori, menghasilkan gambar yang lebih tajam dan lebih jelas.

Namun, kamera ultra lebar megapiksel tinggi bukanlah hal baru di dunia smartphone Android. Faktanya, model flagship seperti OnePlus 10 Pro dari tahun 2022 sudah menampilkan lensa ultra lebar 50MP. Saat ini, pengguna bahkan dapat menemukan sensor semacam itu di perangkat kelas menengah, seperti Vivo V40 Pro.

3. Perekaman Video 4K/120FPS

foto: apple

Berbicara tentang kamera, salah satu fitur utama iPhone 16 Pro adalah kamera utama “Fusion” 48MP barunya, yang dikombinasikan dengan ISP cepat dari prosesor A18 Pro, memungkinkan perekaman video 4K pada 120FPS. Apple mengklaim pengguna sekarang dapat merekam video gerak lambat 4K pada 120FPS, bahkan dalam Dolby Vision, dan memilih kecepatan bingkai setelah merekam.

Namun, fitur ini juga tampaknya terinspirasi dari smartphone Android. Beberapa flagship Android yang dirilis pada tahun 2024—termasuk Samsung Galaxy S24 Ultra dan Xiaomi 14 Ultra—sudah mendukung perekaman 4K pada 120FPS.

Advertisement


(brl/red)