5 Fitur iPhone 16 Pro yang sudah lama dimiliki ponsel cerdas Android

Advertisement

5 Fitur iPhone 16 yang sudah ada di Android

4. Konektivitas Wi-Fi 7

foto: apple

Meskipun Apple tidak menyebutkan hal ini selama keynote, semua model iPhone 16 mendukung standar Wi-Fi 7 terbaru. Ini berarti perangkat mereka dapat mengirim dan menerima data secara bersamaan melalui pita 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz. Peningkatan ini secara teoritis akan memberikan kecepatan Wi-Fi yang lebih cepat, latensi yang lebih rendah, dan konektivitas yang lebih andal.

Namun, banyak smartphone Android andalan dari tahun 2023, seperti Samsung Galaxy S23 Ultra dan Google Pixel 8, juga mendukung Wi-Fi 7. Apple akhirnya mengejar ketertinggalan dengan kemampuan yang telah menjadi standar pada beberapa perangkat Android kelas atas selama hampir setahun.

5. Pengisian USB-C lebih cepat

foto: apple

Meskipun Apple membuang konektor Lightning untuk port USB-C pada model iPhone 15, kecepatan pengisian daya tetap tidak berubah pada 20-27W. Namun, menurut sertifikasi dari Pusat Sertifikasi Mutu China, yang dibagikan Ice Universe di X, model iPhone 16 diduga mendukung kecepatan pengisian hingga 39W, yang merupakan peningkatan nyata dari generasi sebelumnya.

Namun kecepatan pengisian daya iPhone 16 masih tertinggal dari sebagian besar smartphone Android kelas atas. Misalnya, Samsung Galaxy S24 Ultra mendukung kecepatan pengisian daya 45W, sedangkan OnePlus 12 mendukung pengisian kabel hingga 80W. Bahkan perangkat kelas menengah, seperti OnePlus 12R dan Honor 200 Pro, masing-masing menyediakan pengisian daya hingga 100W dan 66W.

Ini menunjukkan bahwa meskipun kecepatan pengisian daya iPhone 16 yang lebih cepat merupakan peningkatan yang disambut baik, Apple masih mengejar ketinggalan dengan perangkat Android.

Secara keseluruhan, iPhone 16 Pro tidak menawarkan banyak fitur baru yang inovatif. Namun, Apple telah menguasai seni menyempurnakan fitur yang ada dan memasarkannya secara efektif. Sementara beberapa peningkatan asli membuat iPhone 16 Pro menarik. Namun jika kamu sudah memiliki flagship Android modern, mungkin sudah memiliki sebagian besar fitur yang diperkenalkan Apple pada tahun 2024.

Advertisement


(brl/red)