5 Perusahaan teknologi yang menjalin kerja sama dengan FC Barcelona

Advertisement

Techno.id - Daya tarik FC Barcelona sebagai klub sepakbola memang menggoda berkat prestasinya yang mendunia. Tak hanya bagi fans dan pemain, klub ini pun bagaikan magnet yang menarik banyak hal, contohnya sejumlah perusahaan teknologi.

Langsung saja, ini dia lima pemain terkemuka di industri teknologi informasi yang menjalin kerja sama dengan klub tempat Lionel Messi bernaung itu:

Oppo

Akhir Juli lalu, vendor smartphone asal Tiongkok ini telah menjalin kerja sama eksklusif dengan FC Barcelona sebagai mitra resmi mereka. Kontrak ini sendiri berlaku selama tiga musim ke depan. Kemitraan ini diharapkan Oppo dapat menjadi senjata untuk melakukan penetrasi global.

Oleh karena itu, jangan heran kalau para fans Barcelona bakal lebih sering melihat logo Oppo mulai musim depan, baik di pertandingan kandang klub, aksesori dan atribut, atau mungkin iklan televisi.

Indosat

FC Barcelona paham betul jika Indonesia adalah salah satu negara dengan basis fans terbesar mereka. Makanya, ketika Indosat melamar tim ini untuk dihadirkan di layanan konten VAS (value added service), Barcelona tak menolaknya. Layanan ini sendiri bertujuan untuk memberitahu pada pelanggan info terkini dan aneka konten klub tercintanya.

Selain Barcelona, Indosat juga menggandeng dua klub top dunia asal Eropa lain, yaitu FC Internazionale Milan dan Arsenal FC.

Advan

Selain Oppo, ada juga produsen smartphone lain yang bekerja sama langsung dengan FC Barcelona, yakni Advan. Perusahaan yang berbasis di Jakarta itu mendapuk FC Barcelona sebagai brand ambassador.

Tak tanggung-tanggung, Advan bahkan mengaku siap mendatangkan bintang utama mereka, Lionel Messi ke Indonesia. "Ada rencana untuk datangkan mereka ke Indonesia sih. Kalau bisa, sebelum 2016 kami bisa mendatangkan Barca ke Indonesia," ujar Tjandra Lianto, Marketing Director Advan, pertengahan Agustus lalu.

Twitter

Awal September lalu, FC Barcelona dan Twitter telah mencapai kesepakatan untuk memperkuat branding klub asal Catalan itu beserta para sponsor pendukungnya di dunia maya. Caranya yakni dengan memanfaatkan platform iklan baru, Twitter Amplify. Sebagai tahap awal, akan muncul konten milik sponsor di akun resmi FC Barcelona dalam bahasa Spanyol. Tujuan dari kerja sama ini ialah untuk menjangkau pasar dan followers yang lebih luas di kawasan Amerika Latin.

Toshiba

Yang paling hangat, mitra baru FC Barcelona dari industri teknologi ialah Toshiba, tepatnya dari Toshiba Medical System. Anak perusahaan Toshiba itu menjalani kolaborasi berdurasi lima tahun untuk membantu staf medis FC Barcelona menjaga fisik para pemain.

Toshiba Medical System dalam kemitraan ini berperan untuk menyediakan perangkat medis termutakhir untuk FC Barcelona, yakni 13 scanner ultrasound dan satu sistem MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Itu dia lima perusahaan teknologi yang telah menjalin kemitraan dengan FC Barcelona. Menurut Anda, apakah akan ada lagi vendor lain yang mendekati salah satu klub tersukses di dunia itu?

Advertisement


(brl/red)