5 Rencana terbaru Facebook untuk ubah dunia
Techno.id - Hadirin F8 2016 jadi saksi hidup bagaimana Mark Zuckerberg, CEO Facebook, beserta jajarannya begitu berambisi untuk mengubah dunia. Ajang tahunan bagi developer yang sekaligus menjadi lokasi pamer Facebook Inc. itu menyisakan pekerjaan rumah bagi Zuck cs. Kira-kira, mampukan mereka memberi yang terbaik untuk dunia ini lewat ide dan temuan mereka?
-
3 Proyek besar Facebook untuk 10 tahun ke depan Saat ini proyek tersebut sedang dikembangkan oleh Facebook.
-
2 Hal besar yang diharapkan hadir pada acara Facebook F8 Kalau Anda, fitur apa yang Anda harapkan hadir pada acara ini?
-
4 Perubahan Facebook, dari AI hingga media sosial generasi baru Facebook membuat perubahan untuk memberikan pengalaman yang lebih seamless bagi pengguna dewasa muda
Sambil menunggu waktu menjawabnya, kiranya Anda perlu mengetahui dulu 5 rencana besar Facebook yang mungkin akan tercapai dalam 10 tahun sesuai roadmap-nya. Ini dia:
Memudahkan interaksi konsumen lewat chat-bot
Messenger, produk Facebook yang menjadi favorit Zuck, mendapat pembaruan baru. Brand maupun akun komersial bisa membuat bot-nya sendiri untuk memanjakan user mereka, entah untuk kebutuhan mengecek prakiraan cuaca atau memesan bunga, secara otomatis.
Chat-bot layak disorot karena bukan tidak mungkin bakal mengubah cara bisnis dan konsumennya berinteraksi. Ini juga yang mungkin menjadi awal dari meledaknya pengguna Messenger di masa depan, yang sejauh ini masih di bawah 1 miliar.
Membuat interaksi di dunia maya lebih seru berkat Social VR
Facebook membuktikan virtual reality dapat membuat interaksi antar manusia lebih intim, bahkan walau tanpa kontak fisik secara langsung. Dalam sebuah demo di panggung F8 2016, dua petinggi Facebook sempat memamerkan bagaimana dua orang yang tidak berada di satu ruangan bisa berinteraksi dengan akrab, memanipulasi objek maya, bahkan 'berteleportasi' ke London.
Kejutan belum berakhir di sana, karena pada akhirnya mereka berdua mengambil foto selfie dan mengunggah foto tersebut langsung ke Facebook.
Memproduksi kacamata VR
Zuckerberg begitu terobsesi dengan virtual reality. Hal itu sudah ia tunjukkan dengan berani mengakuisisi Oculus seharga Rp26 triliun.
Ke depannya, bapak satu orang anak itu bermimpi menciptakan kacamata VR. Ya, 10 tahun ke depan, Zuck meyakini VR headset tak akan seribet dan seberat sekarang, melainkan mirip dengan kacamata normal.
Mendukung kualitas video yang lebih tinggi untuk live streaming
Live adalah segelintir fitur teranyar di Facebook demi menjawab tantangan dari kompetitor, yakni Periscope dan Snapchat, sembari mencukupi kebutuhan user untuk membuat dan membuka konten video.
Lucunya dalam F8 2016 kemarin, Zuck mencontohkan bagaimana drone dari DJI - yang menjadi partner Facebook - bisa melakukan live video streaming di media sosialnya dengan kualitas tinggi.
Mengembangkan konten video 360 derajat
Inilah 'mainan' baru dari Facebook Inc. Zuck cs telah menghabiskan duit sebanyak Rp393 juta untuk menciptakan sebuah perangkat mirip UFO yang ditanami 17 kamera serta software khusus untuk me-render secara otomatis hasil video.
Kamera ini tidak akan dijual oleh Facebook. Mereka hanya ingin menginspirasi produsen atau kreator video 360 derajat untuk membuat desain kamera yang mumpuni. Namun di sisi lain, nampaknya penciptaan Facebook Surround 360 ini juga bertujuan untuk memperkaya konten VR Oculus Rift.
(brl/red)