6 Fitur Apple Intelligence yang harus ditunggu, belum akan hadir di iPhone 16 Series saat diluncurkan

Advertisement

6 Fitur Apple Intelligence yang belum akan hadir di iPhone 16

4. Siri yang lebih kontekstual

foto: apple

Siri akan dapat beralih ke ChatGPT untuk meminta bantuan jika diperlukan, tetapi asisten juga akan memiliki banyak keterampilan baru. Salah satunya, kemampuan untuk memiliki pemahaman yang lebih besar tentang konteks pribadi, yang berpotensi membuat Siri secara signifikan lebih berguna.

Misalnya, kamu dapat mengajukan pertanyaan kepada Siri seperti “jam berapa penerbangan Ibu berangkat?” Siri akan dapat menarik detail penerbangan yang dikirimkan ibu kamu  melalui email. Alih-alih harus membuka Mail, cari email yang benar, lalu buka dan temukan bagian yang sesuai yang berisi informasi penerbangan. Yang perlu dilakukan adalah bertanya kepada Siri, dan asisten yang diaktifkan suara akan memberi kamu jawabannya.

Ini lebih seperti asisten pribadi yang dijanjikan Siri ketika pertama kali diluncurkan, tetapi itu tidak pernah benar-benar terwujud. Masih harus dilihat seberapa baik fitur ini bekerja di dunia nyata. Tetapi opsi tersebut berpotensi membuat Siri menjadi alat yang jauh lebih berguna.

Ada beberapa ketidaksepakatan tentang kapan fitur ini kemungkinan akan hadir. Menurut Gurman, tidak ada fitur utama Siri yang akan tiba hingga tahun depan, dan ini tampaknya termasuk dalam kategori itu. Namun, Wall Street Journal mengklaim bahwa kemampuan untuk memanfaatkan konteks pribadi akan tiba sebelum akhir tahun.

5. Kesadaran di layar Siri

foto: apple

Fitur lain yang sangat berguna yang hadir di Siri adalah kesadaran di layar (on-screen awareness). Fitur ini akan memberi Siri kemampuan melihat apa yang saat ini ditampilkan di layar iPhone dan mengekstrak informasi yang berguna.

Misalnya, jika seseorang mengirimi kamu detail alamat barunya di Pesan, kamu harus menyalin informasi dari pesan, membuka aplikasi Kontak, menemukan kontak yang relevan, membuka kontak tersebut untuk diedit, dan menambahkan alamat di bidang yang sesuai. Dengan kesadaran di layar, kamu hanya perlu meminta Siri untuk menambahkan alamat ke kartu kontak.

Siri akan mengekstrak informasi alamat yang ditampilkan di layar iPhone, memahami konteks dari siapa pesan itu berasal, dan menambahkan alamat baru tersebut ke kontak yang sesuai. Sebagian besar laporan setuju bahwa fitur ini mungkin akan muncul hingga tahun depan.

6. Siri yang lebih terintegrasi

foto: apple

Fitur berguna lainnya yang hadir di Siri di iOS 18 adalah kemampuan untuk mengambil tindakan dalam berbagai aplikasi. Saat ini, kamu dapat menggunakan Siri secara terbatas dengan aplikasi, seperti meminta asisten untuk membuka aplikasi tertentu. Tetapi kamu tidak memiliki banyak kontrol atas Tindakan aplikasi tersebut.

Dengan iOS 18, Siri pada akhirnya tidak hanya dapat memiliki kontrol yang lebih dalam atas aplikasi di iPhone, tetapi juga akan dapat mengambil tindakan di berbagai aplikasi. Misalnya, jika kamu telah mengambil foto, kamu dapat meminta Siri untuk “membuat foto ini menonjol, lalu menambahkannya ke catatan Ide Liburan saya”.

Siri akan melakukan pengeditan yang relevan di aplikasi Foto. Siri akan dapat memahami permintaan yang cukup luas dan kemudian secara otomatis menambahkan foto ke catatan, tanpa kamu harus membuka aplikasi apa pun. Namun, ini adalah fitur lain harus ditunggu hingga tahun depan.

Advertisement


(brl/red)