7 Cara menghindari kecanduan gadget

Advertisement

Techno.id - Pernahkah Anda mendengar istilah Nomophobia? Nomophobia adalah perasaan takut (fobia) ketika seseorang tak mampu berpisah dari gadget atau smartphone. Bila hal itu juga menimpa Anda, ada kemungkinan Anda juga mengidap nomophobia atau kecanduan gadget.

Tak dapat dipungkiri memang, saat ini kecanggihan teknologi pada gadget sudah memikat hampir seluruh kalangan masyarakat. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, tentunya semua orang bisa terkena Nomophobia. Namun, sebenarnya jika Anda mau, Anda dapat menghindari hal itu? Bagaimana caranya? Berikut 7 cara menghindari kecanduan gadget yang disadur dari Yahoo.

Matikan pemberitahuan media sosial

Banyak orang tak merasa bila pemberitahuan di smartphone itu juga salah satu penyebab mereka selalu menggunakan smartphone. Seperti halnya, pemberitahuan media sosial yang hampir setiap saat mengajak Anda untuk membuka smartphone. Jika Anda ingin menghindari kecanduan gadget, maka Anda bisa mematikan pemberitahuan tersebut.

Tetapkan batasan dalam menggunakan smartphone

Anda harus mengatakan pada diri Anda sendiri bahwa smartphone hanya digunakan untuk hal-hal yang penting. Anda juga harus memberi batasan saat ingin memakai smartphone. Misalnya, Anda tidak menggunakan smartphone pada saat makan, tidak menggunakan smartphone ketika mengobrol dengan teman, dan menghindari penggunaan smartphone sebelum tidur.

Advertisement


(brl/red)